Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education
Vol. 8 No. 1 (2023): Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education

Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMA Melalui Model Problem Based Learning berbantuan Canva

Ditya Mi’rojunisa Azzahra (Universitas Pasundan)
Beni Yusepa Ginanjar Putra (Unknown)
Taufik Rahman (Universitas Pasundan)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2023

Abstract

Matematika merupakan bagian penting dalam pendidikan. Diperlukan kemampuan untuk memahami ide ide sederhana agar siswa tidak salah mengartikan berbagai konsep, kemampuan tersebut yaitu kemampuan pemahaman matematis. Namun kenyataannya kemampuan pemahaman matematis siswa masih tergolong rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat di terapkan dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis adalah model problem based learning berbantuan canva. Penelitian ini   menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain penelitian non equivalent control grup design. Peserta didik kelas XI di SMAN 1 Cililin ditetapkan sebagai populasi. Untuk sampel penelitinnya terdiri dari dua kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian tes kemampuan pemahaman matematis. Analisis data menggunakan analisis uji t yang diolah menggunakan software SPSS 23 for windows. Simpulan penelitian ini adalah: Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh model problem-based learning berbantuan canva lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

symmetry

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

This journals is an international journal, publishing original refereed articles on all aspects of mathematics education. Papers should address the central issues in terms which are of relevance across educational systems and informed by wider thinking in the field. The journal has three sections, ...