Open Access DRIVERset
Vol 5 No 2 (2023): INDONESIAN JOURNAL OF ISLAMIC COUNSELING

Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Self-Regulated Learning

Waode Naifa Claresta Salsabylla (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2023

Abstract

Perubahan pada proses dan lingkungan belajar dapat membuat siswa kesulitan dalam beradaptasi dengan cara belajar yang baru. Siswa yang mampu melakukan self-regulated learning dapat merencanakan, mengawasi, dan mengevaluasi berbagai aspek yang berhubungan dengan proses belajar. Salah satu faktor yang mempengaruhi self-regulated learning adala efikasi diri. Efikasi diri merupakan keyakinan individu atas kemampuan yang dimilikinya dalam melakukan tugas tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara efikasi diri terhadap self-regulated learning. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan alat ukur berupa skala self-regulated learning dan skala efikasi diri. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi sederhana. Hasil analisis menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara efikasi diri terhadap self-regulated learning. Adapun nilai koefisien determinasi adalah senilai 0,392, maka dapat disimpulkan bahwa efikasi diri memberikan pengaruh sebesar 39,2% kepada self-regulated learning, dimana 60,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak peneliti teliti. Penelitian ini berimplikasi pada bidang psikologi pendidikan dalam memberikan pemahaman yang lebih mendalam terkait pengaruh efikasi diri terhadap self-regulated learning dalam situasi pembelajaran yang berubah-ubah.

Copyrights © 2023