cover
Contact Name
Muhammad Haramain
Contact Email
haramain@iainpare.ac.id
Phone
+6285299116376
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pare pare,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Open Access DRIVERset
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject :
Arjuna Subject : -
Articles 32 Documents
Mengelola Kecemasan pada Masa New Normal Melalui Konseling Direktif Choirun Nisa Adiwinata
Indonesian Journal of Islamic Counseling Vol 4 No 1 (2022): INDONESIAN JOURNAL OF ISLAMIC COUNSELING
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35905/ijic.v4i1.2219

Abstract

Artikel ini bertujuam untuk mengetahui cara pengelolaan kecemasan menghadapi era new normal melalui konseling direktif. Kecemasan merupakan bentuk respon yang muncul terhadap suatu keadaan yang mengancam yang mana normal dialami oleh setiap individu . Dalam menghadapi era new normal saat ini menimbulkan berbagai macam reaksi/respon dari masyarakat. Ada masyarakat yang menyambutnya dengan suka cita karena dapat kembali beraktifitas, namun ada pula masyarakat yang dilanda kecemasan. Oleh karena itu, peran konselor sangat dibutuhkan untuk membimbing orang-orang agar tidak terlalu cemas dalam menghadapi masa new normal, salah satunya dengan cara konseling direktif dimana konselor mendominasi dalam proses konseling untuk membantu konseli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan studi literatur pada penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberlakuan new normal menyebabkan kecemasan bagi sebagian besar orang. Konseling direktif hadir untuk menangani permasalahan tersebut dengan menawarkan lima teknik, yaitu desensitisasi, asertif thinking, covert sensitisasi, modelling atau imitation, dan trought stopping.
Efektivitas Teknik Imajinasi terhadap Motivasi Berprestasi Peserta Didik SMPN 1 Makassar. Ulfah
Indonesian Journal of Islamic Counseling Vol 4 No 1 (2022): INDONESIAN JOURNAL OF ISLAMIC COUNSELING
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35905/ijic.v4i1.3338

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Teknik Imajinasi dalam meningkatkan motivasi berprestasi, penelitian. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan eksperimen yang bersifat kuantitatif. Penelitian yang digunakan adalah true-Experimenta designl. Dengan desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. rancangan eksperimen yang mengkaji efektivitas penerapan teknik imajinasi terhadap motivasi berprestasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan motivasi berprestasi peserta didik pada kedua kelompok berada pada kategori sedang pada pre-test. sedangkan pada post-test kelompok eksperimen berada pada kategoti tinggi dan kelompok kontrol juga berada pada kategori tinggi. Namun skor motivasi berprestasi pada kelompok eksperimen mengalami peningkatan lebih tinggi dan kelompok kontrol juga mengalami peningkatan namun peningkatannya cukup rendah. Hasil analisis hipotesis berdasarkan Gain score diperoleh perbedaan mean gainscore kelompok eksperimen dan mean gainscore kelompok kontrol. peningkatan Mean untuk kelompok eksperimen 10.37. dan untuk kelompok kontrol 1.17. Hasil dari post-test tersebut terdapat perbedaan yang cukup jauh (signifikansi), mean kelompok eksperimen lebih tinggi dari mean kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis kerja diterima (Ha) diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan motivasi berprestasi siswa antara siswa yang diberi perlakuan dengan yang tidak diberi perlakuan bimbingan kelompok berupa teknik imajinasi pada peserta SMP Negeri 1 Makassar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa teknik imajinasi berpengaruh nyata dan positif terhadap motivasi berprestasi peserta didik.
Hubungan Kecemasan Suami dengan Kesiagaan Suami pada Masa Kehamilan Istri Kota Parepare Nur Afiah; Paurianti Bahtiar
Indonesian Journal of Islamic Counseling Vol 4 No 1 (2022): INDONESIAN JOURNAL OF ISLAMIC COUNSELING
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35905/ijic.v4i1.3340

Abstract

This study aims to determine the effect of dialog reading methods and improve language skills of early childhood. This study used a single subject research with A-B design. The research subjects were students of Kindergarten A PAUD Anak Ceria Surabaya with information about the development of language skills which were known based on observations, interviews, language proficiency checklists, and formal tests regarding language development of children aged 4 years. Data obtained through analysis of the subject's language skills in baseline (A) with intervention conditions (B) and analysis between baseline (A) and intervention (B). The results showed an increase in children's language skills from 34.3% in baseline to 65.7% in the intervention. The conclusion from this age study shows that the dialogue reading method can improve children's language skills. The implication of this research is that the dialogue reading method can stimulate the improvement of children's language skills as early as possible and for children who have developed language development, especially expressive language. The dilaog reading method can be applied at home and at school.
Konseling Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Spiritual Pelaku Narkoba di Rumah Tahanan Kelas IIB Pinrang Iskandar; Nurlina Dahlan
Indonesian Journal of Islamic Counseling Vol 4 No 1 (2022): INDONESIAN JOURNAL OF ISLAMIC COUNSELING
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, Penelitian ini berlokasi di Rumah Tahanan Kelas IIB Pinrang (lokasi Penelitian), jadwal penelitian bulan maret s/d april 2020 (waktu penelitian), Fokus penelitian, fokus penelitian menitik beratkan pada menanamkan nilai-nilai spiritualitas pelaku narkoba di Rumah Tahanan Kelas IIB Pinrang, Teknik Pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi; Teknik Analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:(1)Bentuk Konseling Islam pada pelaku narkoba Rumah Tahanan Kelas IIB Pinrang ada dua yaitu: a.Konseling individual adalah suatu Konseling yang dilakukan pembimbing untuk satu orang saja, b. Konseling kelompok adalah bentuk Konseling yang dilakukan penyuluhdengan cara melakukan bimbingan kepada warga binaan lebih dari satu orang.(2)Upaya dalam Menanamkan nilai-nilai Spiritualitas Pelaku Narkoba yaitu dengan membentuk kelompok Hafidz & Hafidzah dan Majelis Taklim Al Maghfirah Mesjid Al Ikhas Rutan Pinrang dengan metode Dakwah Bil-Hikmah yaitu menyampaikan dakwah dengan cara yang arif bijaksana dan Mauizatil Khazanah (Nasehat yang Baik) adalah memberi nasehat yang baik sehingga orang akan suka kepada kebaikan dan menjauhi kemungkaran.
Strategi Coping Stress dalam Menangani Stres Kerja Geriatric Nursing di PPSLU Mappakasunggu Kota Parepare Adnan Achiruddin Saleh; Nur Resky Amelia
Indonesian Journal of Islamic Counseling Vol 4 No 1 (2022): INDONESIAN JOURNAL OF ISLAMIC COUNSELING
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35905/ijic.v4i1.3343

Abstract

This study aims to determine the effect of dialog reading methods and improve language skills of early childhood. This study used a single subject research with A-B design. The research subjects were students of Kindergarten A PAUD Anak Ceria Surabaya with information about the development of language skills which were known based on observations, interviews, language proficiency checklists, and formal tests regarding language development of children aged 4 years. Data obtained through analysis of the subject's language skills in baseline (A) with intervention conditions (B) and analysis between baseline (A) and intervention (B). The results showed an increase in children's language skills from 34.3% in baseline to 65.7% in the intervention. The conclusion from this age study shows that the dialogue reading method can improve children's language skills. The implication of this research is that the dialogue reading method can stimulate the improvement of children's language skills as early as possible and for children who have developed language development, especially expressive language. The dilaog reading method can be applied at home and at school.
Strategi Penyuluh Agama dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama Remaja di Dusun Lombo’na Kabupaten Majene Nurdalia Bate; Wahyudi Yudi
Indonesian Journal of Islamic Counseling Vol 4 No 1 (2022): INDONESIAN JOURNAL OF ISLAMIC COUNSELING
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35905/ijic.v4i1.3347

Abstract

Penelitian ini mengankat pokok masalah dengan sub masalah yaitu, bagaimana langkah yang ditempuh penyuluh agama dalam meningkatkan kesadaran beragama remaja di Dusun Lombo’na dan faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat penyuluh agama dalam meningkatkan kesadaran bergama remaja di Dusun Lombo’na Kabuten Majene. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu sebuah penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan orang lain dan perilaku yang dapat diamati. Tekhnik yang digunakan berupa tekhnik pengumpulan data yaitu obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah penyuluh agama dalam meningkatkan kesadaran beragama remaja di Dusun Lombo’na Kabupaten Majene, ialah Membangun hubungan kepada masyarakat yang bertujuan untuk menjalin komunikasi yang baik demi terciptanya situasi yang kondusif, agar penyuluh agama dalam menjalankan tugasnya dalam mengajak, menyeru, dan dapat meyakinkan remaja untuk mewujudkan perilaku kegamaan dan mengadakan proses pembinaan terhadap kelompok binaan (Pembinaan keagamaan mingguan), merupakan langkah yang tepat dan harus dikembangkan, untuk mengubah remaja menjadi remaja yang Islami. Faktor pendukung dan penghambat penyuluh agama dalam meningkatkan kesadaran beragama remaja di Dusun Lombo’na Kabupaten Majene.
Peran Teman Sebaya dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Mahasiswa Introvert Program Studi Bimbingan Konseling Islam IAIN Parepare Desi; Muhammad Qadaruddin; Nurhakki
Indonesian Journal of Islamic Counseling Vol 4 No 2 (2022): INDONESIAN JOURNAL OF ISLAMIC COUNSELING
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35905/ijic.v4i2.3349

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang (1) problematika social skill mahasiswa introvert program studi Bimbingan Konseling Islam IAIN Parepare, (2) peran teman sebaya dalam meningkatkan social skill mahasiswa introvert program studi Bimbingan Konseling Islam IAIN Parepare. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui problematika yang terjadi terhadap social skill mahasiswa introvert dan mengetahui peran-peran teman sebaya dalam meningkatkan social skill mahasiswa introvert, metode penelitian kualitatif cara memperoleh data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian problematika social skill mahasiswa introvert terdiri dari kesulitan dalam memulai percakapan saat terjadi interaksi sosial, mahasiswa introvert juga tidak memiliki kemampuan menunjukkan bakat yang dimiliki, mahasiswa introvert terbatas dalam mengemukakan pendapat dan tidak mampu mengekspresikan keinginannya, saat berada dalam kelompok sosial yang bisa dilakukan adalah menjadi pendengar yang baik, dalam kondisi ini mahasiswa introvert tidak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Peran teman sebaya yang dilakukan kepada mahasiswa introvert adalah memberikan kesempatan untuk mengekspresikan sendiri keinginan dan perasaannya, selanjutnya memberikan contoh kepada mahasiswa introvert bagaimana menjali komunikasi dan relasi yang baik dengan orang lain serta bagaimana memulai komunikasi agar nampak mudah beradaptasi dengan lingkungan.
Desentraliasi Diri dalam Mengurangi Tingkat Kecemasan Berkomunikasi ketika Presentasi Mahasiswa IAIN Parepare Yesi Irmawati
Indonesian Journal of Islamic Counseling Vol 4 No 2 (2022): INDONESIAN JOURNAL OF ISLAMIC COUNSELING
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35905/ijic.v4i2.3437

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang teknik desensitisasi diri dalam mengurangi tingkat kecemasan berkomunikasi ketika presentasi mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan karena permasalahan kecemasan yang dialami oleh teman-teman mahasiswa, sehingga harus cepat ditangani agar mahasiswa tidak merasa terganggu dengan keadaan yang dirasakannya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan sebelum dan sesudah diberikan. Serta dapat mengetahui apakah teknik desensitisas diri dapat mengurangi tingkat kecemasan berkomunikasi ketika presentasi mahasiswa BKI IAIN Parepare. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif pre eksperimental dengan menggunakan desain one group pretest-posttest design. Hasil penelitian dan tindakan pre eksperimental yang didapatkan dalam penelitian yang menggunakan sampel 11 mahasiswa BKI IAIN Parepare mengalami penurunan kecemasan mahasiswa terlihat dari mean sebelum diberikan perlakuan 27,54 dan mean setelah diberikan perlakuan 16,90 . Hal ini juga dibuktikan dengan ketentuan thitung> ttabel ( 9,76 > 1,812). Dengan demikian tingkat kecemasan berkomunikasi ketika presentasi mahasiswa BKI IAIN Parepare mengalami penurunan setelah dberikan teknik desensitisasi diri. Jadi dapat disimpulkan bahwa teknik desensitisasi diri dapat menurunkan tingkat kecemasan berkomunikasi mahasiswa BKI IAIN Parepare. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima.
Motivasi Kerja Perempuan di Mini Plants Suppa dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga di Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang Nurul Fajriani; Wasliha Amir
Indonesian Journal of Islamic Counseling Vol 4 No 2 (2022): INDONESIAN JOURNAL OF ISLAMIC COUNSELING
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35905/ijic.v4i2.3438

Abstract

Motivasi merupakan dorongan yang menjadikan manusia mampu bertindak dan melalukan sesuatu. Setiap tindakan pasti didasari oleh motivasi, begitupun dengan perempuan yang bekerja pasti memiliki motivasi sehingga mampu melakukan suatu pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem kerja dan faktor yang mempengaruhi motivasi kerja perempuan di Mini Plant Suppa serta motivasi kerja dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga para pekerja di Mini Plant Suppa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan melihat motivasi para pekerja menggunakan teori 5 Hierarki Kebutuhan Abraham Maslow dan melihat tingkat kesejahteraan keluarga dari tahapan dan indikator keluarga sejahtera menurut BKKBN (Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Faktor yang mempengaruhi motivasi kerja perempuan di Mini Plant Suppa dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga terbagi atas ; a) faktor tujuan b) faktor pendorong dan kemauan, c) faktor tanggungjawab, dan d) faktor pendukung. Motivasi kerja perempuan di Mini Plant Suppa dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga yang diukur menggunakan tahapan dan indikator keluarga sejahtera menurut BKKBN yaitu pekerja yang mencapai tahap keluarga sejahtera I sebanyak 10 orang, tahap keluarga sejahtera II sebanyak 9 orang, tahap keluarga sejahtera III sebanyak 2 orang, dan pada tahap keluarga sejahtera III Plus diketahui pekerja belum mencapai tahap tersebut. Adapun tambahan kriteria keluarga sejahtera yaitu memiliki jaminan kesehatan dan memiliki waktu untuk berkumpul bersama keluarga yang semua pekerja telah mencapai kriteria tersebut.
Analisis Relasi Pertemanan melalui Perilaku Asertif pada Mahasiswa IAIN Parepare Nur Afiah; Fitriani Nengsi
Indonesian Journal of Islamic Counseling Vol 4 No 2 (2022): INDONESIAN JOURNAL OF ISLAMIC COUNSELING
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35905/ijic.v2i1.3439

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara membangun relasi pertemanan melalui perilaku Asertif. Sertadampak postifif dan negatif relasi pertemanan yang dibangun melalui perilaku asertif. Subjek penelitian merupakan Mahasiswa IAIN Parepare. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif, data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya dalam membangun relasi pertemanan melalui perilaku asertif dapat dilakukan dengan cara : seorang mahasiswa lebih memperhatikan lawan bicaranya sehingga lebih mengetahui maksud yang ingin disampaikan, seorang mahasiswa harus memiliki rasa empati, khususnya ketika seorang teman menghadapi permasalahan, seorang mahasiswa menunjukkan tindakan yang tepat kepada sesama anggota kelompok. Dampak positifnya adalah mendorong penemuan baru dalam hal saling membantu tugas kuliah, mengutakan sikap saling membatu yang berbentuk solidaritas dalam mahasiswa. Sedangkan dampak negatif relasi pertemanan adalah adanya solidaritas yang berlebihan dalam sebuah kelompok, terbentuknya bermacam-macam kelompok yang berdasarkan teman kelas, teman sekolah maupun tempat tinggal dan memicu konflik antar mahasiswa ketika salah satu anggota kelompok memiliki permasalahan dengan orang lain atau anggota kelompok lain. Melalui penelitian ini, penulis berharap bahwa relasi pertemanan yang terbentuk kearah yang positif.

Page 1 of 4 | Total Record : 32