JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 3 No. 2 (2023): JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, Edisi Juli - Desember 2023

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Implementasi Model Cooperative Learning Tipe CIRC pada Materi Trigonometri Kelas X di MA Nurus Sholah

Atiqotul Jannah (Universitas Madura)
Sri Indriati Hasanah (Universitas Madura)
Fetty Nuritasari (Universitas Madura)
Lili Supardi (Universitas Madura)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa., mengetahui peningakatan respon siswa dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui implementasi model pembelajan cooperative learning tipe CIRC pada materi perbandingan trigonometri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desaian Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X B MA Nurus Sholah yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data melalui metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I 3,025 menjadi 3,44 pada siklus II,pada hasil angket respon siswa  pada siklus I 64,58% menjadi 89,58% pada siklus II dan  hasil tes belajar siswa pada siklus I 43,75% menjadi 93,75%pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan model pembelajan cooperative learning tipe CIRC pada materi perbandingan trigonometri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di MA Nurus Sholah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jagomipa

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Mathematics Physics

Description

JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA memiliki e-ISSN: 2797-6467 dan p-ISSN: 2797-6475, menerbitkan jurnal hasil kajian teori dan penelitian pada pendidikan matematika dan IPA, baik hasil kajian dan penelitian pendidikan secara umum maupun hasil kajian dan penelitian pembelajaran dalam ...