Pembelajaran daring merupakan model pembelajaran yang digunakan selama masa pandemi Covid-19 dan terbukti efisien. Peningkatan kualitas pembelajaran daring terus dilakukan agar supaya model ini tidak saja efisien tetapi juga efektif ketika mahasiswa dan dosen berada di rumah masing-masing untuk proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola yang terjadi pada pembelajaran daring untuk menemukan media dan metode pembelajaran yang dapat digunakan dosen sehingga proses pembelajaran menjadi efektif. Dengan menggunakan pendekatan data mining dengan teknik pengumpulan data menggunakan survei online, pola yang teridentifikasi menyatakan bahwa media pembelajaran Google Meet, Video Pembelajaran, dan Zoom Meeting memiliki relasi yang kuat untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif. Demikian pula dengan pola pada metode pembelajaran, hasil identifikasi mengungkapkan bahwa metode ceramah yang disertai diskusi, dapat membantu mahasiswa memahami dan mengerti materi perkuliahan yang diajarkan karena metode tersebut memiliki relasi yang kuat. Dengan hasil yang diperoleh diharapkan dapat menjadi acuan bagi para dosen untuk menyusun strategi pembelajaran daring yang efektif.
Copyrights © 2021