Global Education Journal
Vol. 1 No. 4 (2023): Global Education Journal (GEJ)

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Passing Bawah Bola Voli Siswa Kelas V MI Islamiyah Kedungwaru

Bima Yudha Pratama (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Modern Ngawi)
Andy Widhiya Bayu Utomo (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Modern Ngawi)
Arief Nur Wahyudi (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Modern Ngawi)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Passing Bawah Bola Voli Kelas V MI Islamiyah Kedungwaru. Penelitian ini menggunakan metode eksperimentasi untuk membandingkan kemampuan passing bawah bola voli siswa kelas V MI Islamiyah Kedungwaru dengan model pembelajaran problem based learning, melibatkan 20 siswa dengan analisis instrumen uji validitas, reliabilitas, konsistensi internal, keseimbangan, dan daya beda sebelum pengambilan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning dalam mengajarkan kemampuan passing bawah bola voli kepada siswa kelas V MI Islamiyah Kedungwaru memiliki dampak positif. Siswa yang belajar melalui model ini menunjukkan peningkatan kemampuan mereka setelah melalui serangkaian pretest dan posttest. Model pembelajaran ini memungkinkan siswa untuk aktif mengatasi masalah nyata yang terkait dengan bola voli, memperdalam pemahaman konsep, dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis serta kemampuan pemecahan masalah. Selain itu, pembelajaran berbasis masalah juga meningkatkan kerjasama tim dan motivasi siswa dalam belajar bola voli

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

gej

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Global Education Journal (GEJ) (P-ISSN 2987-5218|& E- ISSN 2986-6529) is a blind peer-reviewed journal published by Civiliza Publishing, Indonesia. This journal publishes research articles, conceptual articles, field study reports and book reviews on all scopes of education (See Focus and Scope). ...