Global Education Journal
Vol. 1 No. 4 (2023): Global Education Journal (GEJ)

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Kombinasi “3 on 3” Pada Siswa Kelas V SDN Pandean 3 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2022/2023

Alit teguh santoso (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Modern Ngawi)
Kuncoro Darumoyo (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Modern Ngawi)
Arief Nur Wahyudi (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Modern Ngawi)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan :Untuk mengetahui hasil belajar materi passing bawah dengan menggunakan metode “3 On 3 “ pada siswa kelas V SDN Pandean 3 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi. Penelitian tindakan kelas dilakukan selama 3 bulan dengan melibatkan siswa SDN Pandean 3 untuk meningkatkan kemampuan passing bawah bola voli, dengan kriteria keberhasilan mencapai 80% siswa mencapai nilai di atas KKM 75 melalui pembelajaran permainan perlombaan yang divalidasi menggunakan teknik triangulasi data. Penelitian tindakan kelas mengenai pembelajaran passing atas menggunakan metode "3 on 3" pada siswa kelas V SDN Pandean 3, Kabupaten Ngawi, Tahun Pelajaran 2022/2023 berhasil meningkatkan ketuntasan hasil belajar dari 25% (pra siklus) menjadi 93% (siklus II), dengan peningkatan sebesar 68%. Meskipun berhasil, penelitian memiliki beberapa keterbatasan seperti gangguan kelas, kurangnya keseriusan siswa dalam tes, dan waktu permainan yang terbatas. Namun, pembelajaran dengan pendekatan bermain tetap efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

gej

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Global Education Journal (GEJ) (P-ISSN 2987-5218|& E- ISSN 2986-6529) is a blind peer-reviewed journal published by Civiliza Publishing, Indonesia. This journal publishes research articles, conceptual articles, field study reports and book reviews on all scopes of education (See Focus and Scope). ...