Bandung Conference Series: Public Relations
Vol. 3 No. 2 (2023): Bandung Conference Series: Public Relations

Pengaruh Terpaan Berita Kasus KDRT pada Media Sosial Tiktok terhadap Pengambilan Keputusan Tidak Menikah Muda

Syifa Martiaz Arifin (Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung)
Dedeh Fardiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2023

Abstract

Abstract. The phenomenon of domestic violence cases in Indonesia continues to increase. Early marriage is one of the contributing factors to the high number of domestic violence cases in Indonesia. Although the rate of young marriage is still high, many do not realize that this can increase the risk of domestic violence. Through exposure to news about domestic violence cases through TikTok social media can influence users in making decisions, including the decision not to marry at a young age. The purpose of this study is to determine whether there is an influence of news exposure related to Rizky Billar's domestic violence case against Lesti Kejora on TikTok social media @Liputan6.sctv in terms of the dimensions of frequency, duration, and attention on decision making not to marry young. This research was conducted using a quantitative descriptive approach with a survey method using a questionnaire. The population of this study, namely TikTok followers on the @Liputan6.sctv account as many as 3.7 million followers with a sample used of 100 people who have been determined using the Slovin formula and the sampling technique using purposive sampling technique. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis. This research instrument uses the distribution of questionnaires distributed online via TikTok direct messages to followers of the @Liputan6.sctv account. The results of this study indicate that there is a positive and significant influence between the news exposure of Rizky Billar's domestic violence case to Lesti Kejora on TikTok social media @Liputan6.sctv account in terms of the dimensions of frequency, duration, and attention to decision making not to marry young. Abstrak. Fenomena kasus KDRT di Indonesia sampai saat ini terus mengalami peningkatan. Pernikahan usia muda menjadi salah satu faktor penyebab tingginya kasus KDRT di Indonesia. Meskipun angka pernikahan usia muda masih tinggi, banyak yang tidak menyadari bahwa ini dapat meningkatkan risiko KDRT. Melalui terpaan berita tentang kasus KDRT melalui media sosial TikTok dapat memengaruhi pengguna dalam mengambil keputusan, termasuk keputusan untuk tidak menikah pada usia yang muda. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari terpaan berita terkait kasus KDRT Rizky Billar kepada Lesti Kejora pada media sosial TikTok @Liputan6.sctv dari segi dimensi frekuensi, durasi, dan atensi terhadap pengambilan keputusan tidak menikah muda. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode survei menggunakan keusioner. Populasi penelitian ini yaitu followers TikTok pada akun @Liputan6.sctv sebanyak 3,7 juta followers dengan sampel yang digunakan sebanyak 100 orang yang telah ditentukan menggunakan rumus slovin dan teknik penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Instrumen penelitian ini menggunakan penyebaran kuesioner yang disebarkan secara online melalui direct message TikTok kepada followers akun @Liputan6.sctv. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara terpaan berita kasus KDRT Rizky Billar kepada Lesti Kejora pada media sosial akun TikTok @Liputan6.sctv dari segi dimensi frekuensi, durasi, dan atensi terhadap pengambilan keputusan tidak menikah muda.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

BCSPR

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Bandung Conference Series: Public Relations (BCSPR) menerbitkan artikel penelitian akademik tentang kajian teoritis dan terapan serta berfokus pada Public Relations dengan ruang lingkup Strategi Promosi, Brand, Citra, Corporate Social Responbility, Digital Public Relations, Diplomasi Publik, ...