JAMAS: Jurnal Abdi Masyarakat
Vol. 1 No. 3 (2023)

PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA/I SMKS AGRO MARITIM KOTA BENGKULU MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN VIRGIN COCONUT OIL (VCO): Improving the Skills of Students of SMKS Agro Maritime Bengkulu City through Training in Making Virgin Coconut Oil (VCO)

Doni Notriawan (universitas Bengkulu)
Reza Pertiwi (Farmasi, Bengkulu)
Aprillia Devi Wibowo (Laboratorium Sains, Bengkulu)
Mustika Dewi Lestari (Laboratorium Sains, Bengkulu)
Zavira Nurjali (Laboratorium Sains, Bengkulu)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2023

Abstract

SMKS Agro Maritim Laboratorium Pertanian Universitas Muhamadiyah Kota Bengkulu merupakan sekolah yang baru saja didirikan pada tahun 2018. SMKS Agro Maritim memiliki dua kelas kejuruan yaitu Agro (Agribisnis) dan Maritim ( Kelautan). Kurikulum SMKS Agro Maritim berbasis mengolah sumber daya alam sektor pertanian dan kelautan. Kegiatan belajar mengajar di SMKS lebih terfokus pada praktikum untuk mengolah sumber daya alam menjadi produk. VCO atau lebih dikenal dengan minyak kelapa murni karena pada proses pembuatannya dilakukan secara alami (fermentasi), yaitu proses pembuatan yang dilakukan tanpa mengalami proses secara kimia maupun fisika. VCO yaitu minyak yang dibuat dengan menggunakan metode fermentasi memiliki komponen asam lemak laurat yang tinggi, yaitu 46,70%. Asam lemak yang terkandung memiliki peranan yang sangat penting bagi kesehatan. Kegiatan pengabdian masyarakat berbasis pembinaan ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penyuluhan dan praktek tentang pembuatan VCO. Setelah kegiatan pendampingan pembuatan VCO, siswa/I SMKS Agro Maritim sudah mengetahui mengenai VCO, sehingga tujuan kegiatan untuk memberikan keterampilan kepada siswa/i sehingga nantinya dapat menjadi produk unggulan dari SMKS Agro Maritim telah terpenuhi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jamas

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Social Sciences

Description

JAMAS: Jurnal Abdi Masyarakat (e-ISSN: 2986-464X) adalah jurnal ilmiah yang mempublikasi hasil kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. JAMAS merupakan jurnal ilmiah multidisiplin yang diterbitkan oleh Penerbit Forind Indonesia. JAMAS menerima naskah yang mencakup masalah-masalah yang terkait dengan ...