Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 5 (2023): Innovative: Journal of Social Science Research

Transformasi Bahan Ajar Pendidikan Dasar Ke Arah Digital: Optimalisasi Pembelajaran Pendidikan Sekolah Dasar Di Era Teknologi Cybernetics

Buatanol Arifin (Univeristas Muhammadiyah Malang)
Eka Selvi Handayani (Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda)
Didi Yunaspi (IKMB)
Roza Erda (IKMN)
Erwin Dhaniswara (Universitas Widya Kartika Surabaya)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengulas bagaimana transformasi bahan ajar pendidikan dasar ke arah digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka atau analisis konten. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa realita era saat ini yang cukup mengejutkan para pendidik yaitu kemajuan teknologi yang memungkinkan segala kegiatan dijalankan secara online, termasuk pembelajaran di sekolah dasar. Guru yang umumnya mengandalkan metode pembelajaran konvensional merasa terkejut dengan munculnya tren pembelajaran daring dan berbagai literasi digital termasuk bahan ajar. hal itu mengharuskan mereka untuk mamakai sumber belajar dan bahan ajar digital yang transformatif. oleh karenanya, diperlukan pemahaman lebih mendalam tentang cara mengadaptasi materi pembelajaran ke dalam era teknologi cybernetic untuk meningkatkan proses pembelajaran di sekolah dasar. hal itu sangat penting karena pembelajaran di sekolah dasar memiliki peran kunci dalam membentuk generasi yang berkarakter dan tetap terhubung dengan akar budayanya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...