Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 5 (2023): Innovative: Journal of Social Science Research

Pengembangan Desa Wisata Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan (Studi di Kampung Coklat Desa Plosorejo, Kabupaten Blitar)

Samuel Indrayana (Universitas Bhayangkara Surabaya)
Bagus Ananda Kurniawan (Universitas Bhayangkara Surabaya)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengembangan wisata kampung cokelat dalam meningkatkan keunjungan wisatawan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana cara meningkatkan wisatawan di wisata kampung cokelat desa Plosorejo, kabupaten Blitar?, 2). Apa saja faktor yang menjadi penghambat dan pendukung dalam mengembangkan desa wisata kampung cokelat?. Dalam kertas kerja ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripsi. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pada penelitian ini, penulis menganalisis data dengan cara meresum, memilah, dan menkonsentrasikan analisa pada tema dengan polanya. Kemudian disajikan dalam bentuk narasi dan deskripsi. Kesimpulan dan.hasil dari penelitian ini dapat yaitu pertama, Pertama, dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan wisata kampung cokelat, pengelola telah melakukan pendekatan sebelum membangun wisata,dan konsep yang diupayakan pihak pengelola yaitu manajemen sumber daya manusia dan pemberdayaan masyarakat—yang meliputi ngaji mingguan, kirab ketupat cokelat, improvisasi internal dan tidak berhenti berinovasi. Kedua, faktor penghambat perkembangan wisata dan peningkatan pengunjung adalah pertama akses jalan yang lumayan jauh dari kota dan transportasi umum yang masih jarang dan Lokasi wsiata kampung cokelat dirasa masih perlu perluasan untuk menambah fasilitas-fasilitas wisata guna melengkapi segala kebutuhan wsiata masyarakat supaya segala yang dibutuhkan masyarakat dapat terpenuhi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...