JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
Vol 8, No 4 (2023): Agustus, Social Religious, History of low, Social Econmic and Humanities

Analisis Pengaruh Penetapan Harga Dan Promosi Terhadap Penjualan Kargo Di Garuda Indonesia Bandara Internasional Minangkabau (BIM)

Reswadi, Oshelby (Unknown)
Permadi, Dodi (Unknown)
Mulyati, Erna (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2023

Abstract

Garuda Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri jasa angkutan kargo udara, produk yang di hasilkan berupa penawaran ruang/muatan untuk kiriman barang melalui pesawat udara. Penetapan harga jual harus ditetapkan secara tepat dan menetapkan strategi-strategi penetapan harga yang digunakan, supaya pelanggan dapat tertarik untuk menggunakan jasa. Garuda Indonesia telah menawarkan harga yang relatif rendah dari jasa pengiriman lain namun kenyataannya tetap mengalami penurunan penjualan kargo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penetapan harga dan promosi terhadap penjualan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, untuk mengetahui pengaruh penurunan penjualan dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda menggunakan SPSS, dengan variabel independen yaitu Penetapan Harga (X1), Promosi (X2), sedangkan variabel dependen yaitu Penjualan (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil perhitungan menggunakan regresi linier berganda pada uji t, diperoleh nilai koefisien regresi untuk masing-masing variabel bebas adalah 3,069 untuk penetapan harga (X1) dan 2,311 untuk promosi (X2). Nilai signifikan f hitung 13,494 lebih besar dari f tabel 3,32 dan tingkat signifikansi 0,05 yang berarti keseluruhan variabel penetapan harga dan promosi memiliki pengaruh terhadap variabel terikat. Sehingga disimpulkan bahwa antara Penetapan Harga (X1) dan Promosi (X2) memiliki pengaruh terhadap Penjualan (Y).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History Education; (2) History of Education; (3) Social Sciences; (4) Social Sciences Education; (5) Sociology Education; (6) Economi; (7) Social Economi; (8) Law, (9) History of Military; (10) Philosophy of History; (11) Historiography; (12) Humanities; (13) ...