PT ABC bergerak di bidang bisnis digital, dimana PT ABC memiliki permasalahan yaitu perusahaan yang belum bisa mengoptimalkan strateginya untuk menarik client untuk menggunakan e-commerce dalam bisnis mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat UMKM dalam penggunaan e-commerce, sehingga perusahaan dapat mengembangkan strateginya untuk menarik minat UMKM dalam penggunaan e-commerce. Penelitian ini menggunakan metode analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan tools Partial Least Square (PLS). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah UMKM di wilayah Jabodetabek, dan sampel yang digunakan adalah sebanyak 101 responden dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (google form). Hasil dari penelitian ini dengan menggunakan software SmartPLS 4 menunukkan bahwa variabel teknologi, organisasi, dan lingkungan memiliki pengaruh positif terhadap minat UMKM dalam penggunaan e-commerce. Sedangkan variabel individu tidak memiliki pengaruh terhadap minat UMKM dalam penggunaan e-commerce. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi dasar pengembangan strategi perusahaan untuk meningkatkan minat penggunaan E-commerce bagi pelaku UMKM di Indonesia, sehingga daya saing pelaku UMKM dapat meningkat di pasar lokal.
Copyrights © 2023