Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 6 No. 4 (2023): Volume 6 No 4 Tahun 2023

PERANAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN TERHADAP UPAYA MENINGKATKAN PERTUMBUHAN IMAN SISWA PADA MASA PANDEMIC(KASUS: SMA METHODIST PEMATANG SIANTAR T.A 2021/2022)

Nurliani Siregar (Universitas HKBP Nommensen)
Bangun Bangun (Universitas HKBP Nommensen)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2023

Abstract

Kepribadian Guru PAK sebagai garda terdepan dalam pendidikan memiliki tugas untuk mengajar, mendidik, memberikan arahan serta bimbingan dalam pertumbuhan kerohaniannya, melatih, memberikan penilaian dan evaluasi, memberikan dukungan moral dan mental kepada peserta didik,serta mewariskan iman Kristen . Pembelajaran ini dilakukan pada masa pandemi covid 19 sehingga dibutuhkan inovasi pendidikan untuk menjawab tantangan akan ketersediaan sumber belajar yang variatif. Dibutuhkan Pembelajaran daring, sepenuhnya bergantung pada akses jaringan internet. Metode Penelitian Deskriptif Kuantitatif adalah metode dalam meneliti kasus sekelompok manusia, suatu sistem pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang yang bertujuan untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Untuk data X (Kompetensi Kepribadian Guru PAK) X2hitung = -33,14 sedangkan X2tabel = 12,6. Artinya data X (Kompetensi Kepribadian Guru PAK) berada pada distribusi normal. Untuk data Y (Iman Siswa) Y2hitung= -128,34 sedangkan Y2tabel= 12,6, artinya data Y (Iman Siswa) berada pada distribusi normal.Setelah dilakukan perhitungan diperoleh nilai thitung = 5,91 > ttabel = 1,67, yang berarti bahwa terdapat hubungan yang baik antara kompetensi kepribadian guru PAK terhadap pertumbuhan iman secara signifikan.Berakhlak Mulia yang akan menunjukkan hasil 2,59 ini berarti Berakhlak Mulia yang diperlihatkan oleh Guru PAK mempunyai hubungan yang signifikan juga terhadap pertumbuhan iman.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...