Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 1 No. 1 (2023): Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

ANALISIS PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA GURU DAN SISWA PADA PROSES BELAJAR MENGAJAR DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

Ukhwatun Fatayat (Universitas Mathla’ul Anwar Banten)
Trisnawati Trisnawati (Universitas Mathla’ul Anwar Banten)
Meliyawati Meliyawati (Universitas Mathla’ul Anwar Banten)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk, jenis analisis prinsip kesantunan berbahasa guru dan siswa pada proses belajar mengajar dan implementasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data-data ini diperoleh secara faktual dan akurat. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa pada proses belajar mengajar. Pada tahap pelaksanaan penelitian ini, peneliti menggunakan teknik rekam, transkripsi, dan catat. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 66 data tuturan pematuhan kesantunan berbahasa siswa dan guru di kelas X SMAN 10 Pandeglang, terbagi ke dalam maksim kebijaksanaan sebanyak 14 data, maksim kedermawanan 8 data, maksim pujian/penghargaan 12 data, maksim kerendahan hati 7 data, maksim kesepakatan 17 data, dan maksim kesimpatian sebanyak 8 data. Pemanfaatan prinsip-prinsip kesantunan dalam berbahasa siswa dan guru pada proses belajar mengajar dan implementasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA terdapat pada Kurikulum 2013, KD 3.14 Menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi dan KD 4.14 Mengungkapkan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi yang dibaca secara tertulis.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education

Description

Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal penelitian peer-reviewed open access yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Cendikia menyediakan wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyampaikan dan berbagi pengetahuan dalam ...