Jurnal E-Bis: Ekonomi Bisnis
Vol 7 No 2 (2023): Vol. 7 No.2 2023

Sentuhan Teknologi 4.0 sebagai Inovasi dan Strategi Bisnis Pengembangan Desa Wisata Ngargogondo

Lucia Rita Indrawati (Universitas Tidar, Jawa Tengah Indonesia)
Lorentino Togar Laut (Universitas Tidar, Jawa Tengah Indonesia)
Ikhwan Taufik (Universitas Tidar, Jawa Tengah Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2023

Abstract

Desa Wisata Ngargogondo merupakan salah satu desa wisata di Kabupaten Magelang yang berada di kawasan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Kawasan Borobudur. Desa wisata ini merupakan desa wisata yang baru terbentuk dan telah diresmikan pada tahun 2021. Adapun, keberhasilan pemasaran menjadi salah satu faktor yang menentukan perkembangan suatu desa wisata. Selain itu, dibutuhkan pengembangan lain yang lebih menarik serta anti mainstream dengan desa wisata sekitarnya. Berdasarkan hal tersebut, maka diperlukan penelitian untuk mengidentifikasi potensi pemasaran Desa Ngargogondo berdasarkan bauran pemasaran (marketing mix), selanjutnya dianalisis berdasarkan SWOT, dan Business Model Canvas (BMC) untuk menyusun rencana pengembangan bisnis wisatanya yang diberi sentuhan teknologi 4.0. Hasil penelitian dapat digunakan sebagai dasar perumusan strategi pemasaran bagi Desa Wisata Ngargogondo untuk mengembangkan bisnis wisatanya.

Copyrights © 2023