Iklan memiliki dampak yang sangat besar terhadap pemikiran dan kebiasaan orang tanpa disadari. Dalam konteks Indonesia, dalam beberapa tahun terakhir, salah satu iklan yang sering muncul adalah Grab, salah satu penyedia transportasi online di Indonesia. Dalam iklannya, Grab menggunakan slogannya dalam memperkenalkan layanannya. Selanjutnya, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mitos yang ditanamkan dalam slogan Grab 'forward together' dari perspektif semiotik. Adapun data dari penelitian ini adalah iklan Grab yang slogannya bertuliskan 'forward together' yang diunduh dari laman https://www.grab.com/sg/business/ads/. Dalam menganalisis slogan, para peneliti melakukan dua langkah, yaitu (i) menganalisis slogan dan gambar menggunakan teori semiotika Barthes untuk mengetahui makna denotatif dan konotatifnya, dan (ii) menganalisis mitos yang ditanamkan dalam slogannya. Setelah menganalisis data, para peneliti menemukan bahwa mitos yang ditanamkan pada slogan transportasi online Grab 'forward together' adalah pindah ke transportasi yang lebih baik. Slogan yang digunakan oleh Grab telah mencoba mengarahkan pikiran dan ideologi masyarakat tentang bagaimana mendapatkan transportasi yang lebih baik. Hasil penelitian ini kemudian diharapkan dapat memberikan kontribusi praktis yang signifikan terutama membantu pihak-pihak yang membuat dan menyusun slogan-slogan untuk produk atau jasa perusahaan mereka.
Copyrights © 2021