Penelitian ini dilaksanakan dengan bertujuan untuk mengetahui rancangan, tingkat validitas, dan efisiensi dari aplikasi sains play. Jenis penelitian yang dipakai yaitu penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Uji coba validitas dilakukan oleh ahli media dan ahli materi, dengan menggunakan lembar validasi. Uji coba efisiensi dilakukan dengan cara menyebarkan angket respon kepada peserta didik. Uji coba kepada peserta didik dilaksanakan di MTs NU Nurussalam Gebog Kudus. Hasil penelitian yang dilakukan yaitu rancangan aplikasi sains play yang telah disesuaikan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar pada materi klasifikasi makhluk hidup, validitas aplikasi sains play yang diperoleh sebanyak 97,5% dengan kategori sangat layak, dan analisis efisiensi didapatkan hasil sebanyak 90,1% dengan kategori sangat efisien. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, aplikasi sains play sangat layak dan sangat efisien saat digunakan untuk mempelajari materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII.
Copyrights © 2022