Penelitian ini di latar belakangi tentang Analisis factor yang mempengaruhi rendahnya kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui apa saja factor yag mempengaruhi rendahnya kemampuan membaca dan menulis dan mengetahui bagaimana kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an pada siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah factor yang mempengaruhi rendahnya kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an dan objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMPN 3 bengkalis. Adapun sampel dalam penelitian ini kelas VII yang berjumlah 6 siswa dan 1 guru mata pelajaran agama islam. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data,reduksi data,penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Factor yang mempengaruhi rendahnya kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa kelas VII Di SMPN 3 Bengkalis adalah factor internal siswa itu sendiri yaitu factor motivasi,kemauan dan kemampuan dimiliki oleh siswa dan factor eksternal yaitu factor dari luar yaitu orang tua,pendidik,factor lingkungan.
Copyrights © 2023