cover
Contact Name
T Heru Nurgiansah
Contact Email
therunurgiansah@gmail.com
Phone
+6281322551635
Journal Mail Official
therunurgiansah@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Puri Nirwana Bangunjiwo No. A-5 Dusun Kenalan Kelurahan Bangunjiwo Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta 55184
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
JLEB: Journal of Law, Education and Business
Published by CV. Rayyan Dwi Bharata
ISSN : 2988604X     EISSN : 29881242     DOI : https://doi.org/10.57235
Journal of Law, Education, and Business dengan nomor terdaftar E-ISSN 2988-1242 (online) dan P-ISSN 2988-604X (Cetak) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. JLEB bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian asli dan review hasil penelitian tentang: 1. Hukum 2. Pendidikan dan Pembelajaran 3. Akuntansi 4. Ekonomi 5. Bisnis 6. Manajemen
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 100 Documents
Hubungan Pola Asuh Gaya Authoritative dengan Disiplin Belajar Siswa Sekolah Dasar Nina Nurhasanah; Yetty Auliaty; Siti Nurul Hidayah
JLEB: Journal of Law, Education and Business Vol 1, No 1 (2023): April 2023
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/jleb.v1i1.800

Abstract

Di Indonesia masih terdapat beberapa orang tua yang tergolong belum layak dalam memberikan pola asuh yang tepat kepada anaknya. Hal tersebut akan berdampak pada baik buruknya perilaku anak. Faktanya gaya pengasuhan dapat membentuk atau mendorong perubahan pada perilaku anak. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan tujuan untuk mengetahui dan membuktikan hubungan antara pola asuh orang tua gaya authoritative dengan disiplin belajar siswa kelas IV sekolah dasar. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan datanya dengan cara menyebarkan kuesioner yang diberikan kepada orang tua dan siswa kelas IV SD di Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Hasil menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua gaya authoritative dengan disiplin belajar siswa kelas IV sekolah dasar dengan dibuktikan dari perhitungan uji signifikansi (Uji-t) diperoleh 5,934 1,657.
Pengaruh Literasi Digital Terhadap Prestasi Siswa Sri Hidayati; T Heru Nurgiansah
JLEB: Journal of Law, Education and Business Vol 1, No 1 (2023): April 2023
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/jleb.v1i1.801

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran PKn kelas IX di SMP Negeri 2 Sewon Bantul. Metode yang digunakan adalah kuantitatif . Teknik pengumpulan data menggunakan Angket, Tes dan, Dokumentasi. Analisis data menggunakan program SPSS 20 dengan menggunakan rumus korelasi. Sampel penelitian adalah siswa/I kelas IX A-D SMP Negeri 2 Sewon Bantul. Hasil peneitian uji korelasi yang dilakukan pada program SPSS 20 diperoleh nilai r= 0.780 dengan nilai t table 1.736 dengan koefisien sig 0.05 yang berarti literasi digital terhadap prestasi siswa berpengaruh sangat kuat. Hasil pengujian tes siswamenggunakan uji Levene dengan program SPSS 20 diperoleh nilai post tes = 0.867 sehingga hasil belajar siswa bersifat homogen. Dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian literasi digital terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran PKn kelas IX SMP Negeri 2 Sewon Bantul memiliki pengaruh sangat kuat dengan memperoleh hasil 0.780.
Efektivitas Keberadaan Kampung Cyber Terhadap Sikap Nasionalisme, Patriotisme, dan Bela Negara Choirunnisa Amalia; T Heru Nurgiansah
JLEB: Journal of Law, Education and Business Vol 1, No 1 (2023): April 2023
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/jleb.v1i1.802

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Cyber Village untuk nasionalisme, patriotisme, dan untuk bela masyarakat. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan program SPSS 20 menggunakan analisis univariat dan rumus analisis linier sederhana. Sampel penelitian adalah masyarakat Cyber Village Yogyakarta. Hasil kajian analisis linier sederhana yang dilakukan pada program SPSS 20, dari hasil uji keefektifan Cyber Village terhadap nasionalisme diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,398 yaitu p0,05 dan nilai t sebesar -0,856 yaitu lebih kecil dari nilai t tabel sebesar 1,670. Selanjutnya untuk patriotisme diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,686 yaitu p0,05 dan nilai t hitung sebesar 0,407 lebih kecil dari nilai t tabel sebesar 1,670. Kemudian diperoleh nilai signifikansi 0,202 yaitu p0,05 dan nilai t hitung sebesar -1,291 lebih kecil dari nilai t tabel sebesar 1,670 pada pertahanan komunitas. Dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian efektivitas Cyber Village tidak efektif pada masing-masing 3 sikap yaitu nasionalisme, cinta tanah air, dan bela negara dalam masyarakat.
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Dengan Model Pembelajaran Multipel Representasi Cahya Nusantara; T Heru Nurgiansah
JLEB: Journal of Law, Education and Business Vol 1, No 1 (2023): April 2023
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/jleb.v1i1.803

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Satui melalui model pembelajaran Multipel Representatif tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan langkah-langkah meliputi perencanaan, Tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Satui berjumlah 30 siswa. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan ialah tes, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan langkah-langkah meliputi perencanaan, Tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Satui berjumlah 30 siswa. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan ialah tes, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan deskriptif kuantitatif.
Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Nailin Fauzia Qonita; T Heru Nurgiansah
JLEB: Journal of Law, Education and Business Vol 1, No 1 (2023): April 2023
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/jleb.v1i1.804

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas XI IPA 3 SMA Ma’arif NU 1 Kemranjen-Banyumas. Penelitian ini dilakukan di SMA Ma’arif NU 1 Kemranjen-Banyumas pada tahun pelajaran 2022/2023 dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 dengan jumlah 32 siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan siklus model spiral Kemmis dan Taggart yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, test evaluasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di Kelas XI IPA 3 SMA Ma’arif NU 1 Kemranjen-Banyumas. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan presentase hasil nilai belajar siswa dan hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil nilai belajar sebelum dilakukan tindakan yaitu 12,5%, setelah tindakan pada siklus I peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yaitu 40,623%, dan setelah dilakukan siklus II kemampuan berpikir kritis siswa meningkat menjadi 84,375% dan dapat dikategorikan sangat tinggi. Kemudian hasil observasi aktivitas guru sebelum tindakan yaitu 25%, setelah tindakan pada siklus 1 yaitu 67,5%, kemudian setelah tindakan pada siklus II yaitu 95 %. Hasil observasi aktifitas siswa sebelum tindakan yaitu 30,39%, setelah tindakan pada siklus I yaitu 60,39%, dan setelah tindakan pada siklus II yaitu 82,81% dengan kategori sangat tinggi.
Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Cinta Tanah Air di Sekolah Dasar Ita Rosita; Amanda Aprilia; Sri Rahayu
JLEB: Journal of Law, Education and Business Vol 1, No 2 (2023): Oktober 2023
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/jleb.v1i2.1021

Abstract

Usia yang lebih muda atau yang terdepan adalah usia yang menjadi penerus dari hasil perjuangan nenek moyang mereka untuk bisa menjadi pionir, yang ingin mengubahdan menjadikan bangsa ini bangsa yang lebih makmur dan jaya. Usia muda agar menjadipelopor hebat sejati tidak akan terjadi jika tidak ada kasih sayang dan perlindungan negara pada hakekatnya. Mempunyai sikap cinta Tanah air itu penting dan seharusnya diwariskan ke generasi berikutnya yang akan melanjutkan negaranya, agar kelak bangsa ini memiliki potensi untuk menjadi luar biasa dan jaya. Untuk itu kami ingin jawaban untuk membatasinya. Jawaban penting untuk mengatasi masalah ini adalah pelaksanaan pelatihan PKn di sekolah . Alasan kajian ini bertujuan sebagai pedoman untuk selalu menerapkan sikap cinta tanah air dalam Belajar tentang kewarganegaraan di sekolah dasar. Dan tidak lain, pembelajaran PKn di sekolah dasar sangat berperan penting untu pembentukan watak tertentu pada siswa
Implementasi Aturan Sekolah Terhadap Akhlak Siswa dan Guru Pendidikan Agama Islam Witri Solekha; Supardi Ritonga
JLEB: Journal of Law, Education and Business Vol 1, No 2 (2023): Oktober 2023
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/jleb.v1i2.1103

Abstract

Penelitian ini mengangkat tema penerapan peraturan sekolah terhadap akhlak siswa di SMPN 1 Bukit Batu kecamatan Bukit Batu kabupaten Bengkalis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana siswa mampu menaati peraturan sekolah terhadap akhlak siswa. SMP 1 Bukit Batu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Adapun instrumen penelitiannya yaitu pedoman observasi, dan pedoman wawancara. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan peraturan sekolah terhadap akhlak siswa di SMPN 1 Bukit Batu dengan memberikan motivasi kepada siswa dan guru untuk menciptakan suasana kelas yang kuat akan menimbulkan semangat berkompetisi, oleh karena itu siswa dapat menerapkan peraturan sekolah dengan mudah dan dapat dipraktekkan di sekolah. kehidupan sehari-hari.
Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Pelayanan dan Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Hesty Sepsada; Mashur Fadli
JLEB: Journal of Law, Education and Business Vol 1, No 2 (2023): Oktober 2023
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/jleb.v1i2.1044

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing, kualitas pelayanan dan store atmosphere terhadap minat beli konsumen di toko PM Collection Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan kuantitatif dengan model penelitian explanatory. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang ditentukan dengan menggunakan accidental sampling dan menggunakan kuesioner untuk teknik pengumpulan data. Dari analisis data dengan model pengukuran, model struktural dan pengujian hipotesis, ditemukan bahwa pemasaran digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen, kualitas layanan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat beli konsumen, dan store atmosphere berpengaruh positif dan tidak signifikan. berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen.
Analisis Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Panggih Anugerah Prasetyo; Arum Ratnaningsih; Joko Purwanto
JLEB: Journal of Law, Education and Business Vol 1, No 2 (2023): Oktober 2023
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/jleb.v1i2.1176

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan keterampilan menulis karangan sederhana di sekolah dasar. Keterampilan menulis karangan sederhana eliputi: (1) kesesuaian isi dengan judul, (2) ketepatan susunan kalimat, (3) ketepatan pemilihan kata/diksi, (4) ketepatan penggunaan ejaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian kualitatif dengan metode deskriptif merupakan penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa penjabaran kata-kata secara tertulis dengan berupaya menggali makna dari suatu kejadian. Penelitian ini tidak melakukan perlakuan terhadap objek yang diteliti. Penelitian ini mengkaji aktifitas, karakteristik, perubahan, kesamaan dan perbedaannya dengan fenomena lain. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Instrumen penelitian ini yang digunakan adalah kisi-kisi wawancara, kisi-kisi penjaring data, dan kata pencatat data. Teknik analisis data menggunakan analisis non statistik, yaitu analisis yang digunakan untuk data yang bersifat kualitatif. Analisis data di lapangan yang peneliti gunakan adalah model Miles dan Huberman yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/ verification). Berdasarkan hasil penelitian diketahui hasil analisis pembelajaran keterampilan menulis karangan sederhana tema 3 peduli terhadap makhluk hidup meliputi: (1) dilihat dari kesesuaian antara judul dengan isinya sudah sangat baik dimana dari 20 siswa yang membuat karangan hanya terdapat 1 siswa yang isi karanganya belum sesuai dengan judulnya, (2) dilihat dari ketepatan susunan kalimat dapat dikatakan sudah baik hal ini terlihat dari keseluruhan kalimat yang menyusun karangan sederhana sudah mencapai 70% sesuai, (3) dilihat dari ketepatan pemilihan kata/diksi diketahui penggunaan kata serapan pada karangan sederhana siswa belum dapat dikatakan baik karena hanya 4 dari 20 siswa yang menggunakan kata serapan pada karangan yang dibuat, (4) dilihat dari ketepatan penggunaan ejaan, penggunaan tanda baca (titik, koma, dan tanda tanya) dalam karanganya masih cukup dikarenakan masih banyak karangan yang belum mengunakan tanda baca (titik, koma, dan tanya) dengan benar.
Analisis Kinerja Petugas Terminal Inspection Service Dalam Mendukung Kenyamanan Penumpang di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya Eschaufena Aurelly Nurwanto; Raden Fatchul Hilal
JLEB: Journal of Law, Education and Business Vol 1, No 2 (2023): Oktober 2023
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/jleb.v1i2.1068

Abstract

Terminal Inspection Service (TIS) merupakan salah satu unit kerja PT. Angkasa Pura I yang diberi amanah untuk menata dan menjamin fasilitas yang ada di terminal dengan baik, pengawasan tersebut memang menyinggung PM 178 Tahun 2015 tentang Tentang Standar Pelayanan Pengguna Jasa Bandar Udara dan SOP unit Terminal Inspection Service. Penelitian bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang ditemukan terkait kinerja dan untuk mengetahui dampak dari pemasalahan terkait kinerja unit Terminal Inspection Service. Penelitian ini dilakukan di PT. Angkasa pura 1 Bandar Udara Internasional Juanda pada bulan Mei 2023 Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data ditinjau secara langsung melalui kegiatan wawancara, observasi, dan dokumentasi di Bandar Udara Internasional Juandapetugas unit Terminal Inspection Service (TIS) melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam memastikan keamanan dan kelancaran proses pemeriksaan keamanan di bandara. Kinerja petugas Terminal Inspection Service (TIS) Bandar Udara Internasional Surabaya terdapat Standar Oprasional Prosedur (SOP) dalam pelaksanaan kinerjanya dengan berlandas kepada PM No 178 Tahun 2015 terkait pencapaian Level off Service pada area terminal Bandar Udara. Dalam melaksanakan kinerja terkait pengawasan fasilitas yang ada pada area terminal Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya untuk menciptakan kenyamanan bagi penumpang selalu berpedoman terhadap Standar Oprasional Prosedur dan PM Nomor 178 Tahun 2015 terkait Standar Pelayanan Penumpang Bandar Udara dalam pelaksanaannya dan selalu melaksanakan Inspeksi Lapangan setiap jam kerjanya.

Page 1 of 10 | Total Record : 100