LECTURES: Journal of Islamic and Education Studies
Vol. 2 No. 2 (2023): Islamic Studies and Learning in Madrasah

Analisis Kendala Guru Dalam Mengajar Al-Qur'an Hadis Di MIN 2 Serdang Bedagai

Jihan (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Dedi Masri (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Sovia Harahap (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Ummi Hanifaa (Universitas Islam Negri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini menjelaskan kendala guru dalam mengajar Al-Qur’an Hadis di MIN 2 Serdang Bedagai. Penelitian dalam tulisan ini deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara wawancara dan juga dengan berbagai sumber baik itu dari buku yang relevan maupun jurnal-jurnal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kendala yang di alami guru dalam mengajar Al-Qur’an Hadis yaitu: (1) kurangnya minat dan semangat para peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran Al-Qur’an Hadis, (2) Peserta didik memiliki kompetensi yang rendah dalam membaca dan menulis Al-Qur’an Hadis, (3) media dan alat yang kurang memadai di MIN 2 Serdang Bedagai. Adapun upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut yaitu, mengubah strategi pembelajaran agar lebih menarik dan juga mengadakan ekstrakulikuler khusus untuk membaca dan menulis Al-Qur’an.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

i

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

LECTURES: Journal of Islamic and Education Studies is a peer-reviewed journal published by Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu. The journal is aimed at spreading the research results conducted by academicians, researchers, and practitioners in the field of Islamic Education. In ...