Sewagati
Vol 7 No 5 (2023)

Peningkatan Penjualan Produk UMKM Mysneakersby melalui Platform E-Commerce dengan Pendekatan Sistem Dinamik

Erma Suryani (Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Rully Agus Hendrawan (Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Serra Charisma Viontita (Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Hanifan Muhayat (Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Faiq Najib Al-Aziz (Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Haris Rafi (Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Achmad Mufliq (Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Alvisi Aura Chandra (Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2023

Abstract

Saat ini UMKM terus bersaing dalam memberikan pelayanan yang maksimal. Salah satu upaya dalam memberikan pelayanan dilakukan menggunakan teknologi informasi. Sehingga saat ini teknologi informasi juga digunakan dalam kegiatan promosi hingga perhitungan keuntungan penjualan. Namun saat ini masih terdapat kurangnya pengetahuan pengelolaan teknologi informasi khususnya sosial media dalam pemanfaatannya untuk meningkatkan penjualan produk UMKM. Sehingga pada kegiatan pengabdian masyarakat ini akan mengukur keuntungan UMKM saat ini dengan menggunakan model sistem dinamik dikembangkan dengan menggunakan aplikasi Ventana Simulation (Vensim), dan simulasi dilakukan untuk memvalidasi model yang telah dibangun. Hasil simulasi digunakan untuk menyusun skenario-skenario kebijakan yang dapat mendukung peningkatan penjualan di masa depan. Manfaat dari kegiatan ini termasuk terciptanya modul penggunaan teknologi untuk peningkatan penjualan serta strategi peningkatan penjualan berdasarkan model simulasi sistem dinamik. Dampak yang diharapkan adalah peningkatan penjualan melalui pemanfaatan teknologi sebagai alat bantu dalam mempercepat dan memperluas jangkauan konsumen, serta memberikan rekomendasi strategi yang efektif dalam meningkatkan penjualan bisnis Mysneakersby. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa terdapat faktor-faktor yang signifikan yang mempengaruhi tingkat penjualan produk Mysneakersby, yaitu promo, harga produk, keragaman produk, dan pelayanan toko.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sewagati

Publisher

Subject

Humanities Education Engineering Social Sciences

Description

Sewagati : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat disingkat dengan nama Sewagati (e-ISSN: 2613-9960) adalah jurnal khusus pengabdian kepada masyarakat (abmas) yang berfungsi sebagai media diseminasi dan sosialisasi aktivitas pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Ruang lingkup jurnal meliputi: ...