Sewagati
Vol 8 No 1 (2024): Preprinted

Pemberdayaan Kader Surabaya Hebat (SUHEB) RW 03 Kelurahan Rungkut Menanggal Surabaya Melalui ToT Pelatihan Aplikasi Monitoring Pengolahan Sampah Menjadi Biogas

Victor Hariadi (Departemen Teknik Informatika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Joko Lianto Buliali (Departemen Teknik Informatika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Ahmad Saikhu (Departemen Teknik Informatika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Yudhi Purwananto (Departemen Teknik Informatika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Bilqis Amaliah (Departemen Teknik Informatika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Arya Yudi Wijaya (Departemen Teknik Informatika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2023

Abstract

Kegiatan abdimas ini bertujuan untuk memberdayakan kader Surabaya Hebat (SUHEB) di RW 03 Kelurahan Rungkut Menanggal, Surabaya. Seperti kita ketahui bersama bahwa Pemkot Surabaya telah memberikan peran kepada masyarakat Kota Surabaya untuk menjadi kader bagi lingkungan sekitarnya. Ada beragam pilihan, salah satunya adalah menjadi kader kesehatan. Kader ini bertugas melaksanakan rangkaian kegiatan memantau kemungkinan terjadinya wabah penyakit melalui monitoring indikator-indikator penyebab dan penyuluhan kesehatan lingkungan. Oleh karena itulah tim pengabdian kepada masyarakat ITS berencana untuk memberdayakan kader SUHEB dengan cara memberikan pengetahuan dan ketrampilan tambahan kepada para kader ini melalui pelatihan ToT tentang pengolahan sampah rumah tangga menjadi energi biogas. Pengetahuan dan ketrampilan ini nantinya dapat ditularkan oleh para kader SUHEB ini kepada warga di lingkungan RW 03 Kelurahan Rungkut Menanggal Surabaya. Tingkat kemanfataan pengolahan sampah rumah tangga menjadi biogas ini cukup tinggi. Selain dapat mengurangi volume sampah harian dari setiap rumah, biogas yang dihasilkan dapat digunakan untuk beragam keperluan sehari-hari, antara lain menjadi energi alternatif yang lebih murah dan memiliki nilai ekonomis tinggi (terutama UMKM yang menggunakan gas untuk produksinya), atau dapat digunakan sebagai bahan bakar sampah anorganik yang masih tersisa dan tidak dapat dirubah menjadi biogas (seperti sampah plastik, kemasan, dan lain sebagainya). Partisipasi warga yang telah menjalankan program pengolahan sampah menjadi biogas ini dapat dipantau bersama oleh warga dan kader SUHEB melalui aplikasi berbasis android.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sewagati

Publisher

Subject

Humanities Education Engineering Social Sciences

Description

Sewagati : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat disingkat dengan nama Sewagati (e-ISSN: 2613-9960) adalah jurnal khusus pengabdian kepada masyarakat (abmas) yang berfungsi sebagai media diseminasi dan sosialisasi aktivitas pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Ruang lingkup jurnal meliputi: ...