Usaha rumahan merupakan jenis usaha yang bisa dijalankan di rumah, kegiatan operasional usaha dilakukan di rumah seperti pemasaran produk, transaksi jual beli, menyimpan persediaan barang dan lainnya. Salah satu upaya tersebut adalah meningkatkan kualitas kemasan atau packaging. Packaging merupakan salah satu tombak penjualan suatu produk, pada awalnya packaging hanya berfungsi sebagai wadah atau bungkus yang berfungsi menutupi atau melindungi dan mempermudah saat membawa produk. Permasalahan yang dihadapi oleh pelaku usaha salah satunya adalah persaingan pengemasan produk. Pengemasan produk yang kreatif dan inovatif mampu meningkatkan daya saing baik dari kalangan masyarakat sekitar maupun dari luar. Minimnya pengetahuan tentang pengemasan atau biasa disebut packaging menjadikan pelaku usaha rumahan mengalami pengurangan produksi dan penjualan. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan terhadap pelaku usaha rumahan terutama dalam berupaya meningkatkan daya saing dalam pemasaran produk yang dibuat. Pengabdian ini dilakukan dengan tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil dari pengabdian ini diharapkan mampu meningkatkan omset hasil penjualan para pelaku usaha rumahan.
Copyrights © 2023