Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra)
Vol. 8 No. 4 (2023): JURNAL BASTRA EDISI OKTOBER 2023

ASPEK-ASPEK SOSIAL DALAM NOVEL KONSPIRASI ALAM SEMESTA KARYA FIERSA BESARI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA (KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA)

Bella Aisyah Safitri (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA)
Nani solihati (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Aspek-aspek sosial dalam novel Konspirasi Alam Semesta karya Fiersa Besari dan implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMA. Metode Penelitian yang digunakan bersifat deskriptf kualtatif. Data objek pada penelitian yang digunakan adalah novel Konspirasi Alam Semesta karya Fiersa Besari. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka, membaca, dan mencatat menggunakan sumber tertulis. Teknik analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data,dan menarik kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa aspek-aspek sosial dalam novel Konspirasi Alam Semesta karya Fiersa Besari antara lain (1) Aspek Kekerabatan, (2) Aspek Cinta Kasih, (3) Aspek Ekonomi, (4) Aspek Moralitas. Aspek-aspek sosial yang terdapat dalam novel Konspirasi Alam Semesta diharapkan dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat bagi peserta didik dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Hal ini dikarenakan Aspek-aspek sosial yang terkandung dalam karya sastra novel dapat menjadi sebuah referensi serta bahan pembelajaran sastra.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JOURNAL BASTRA (Language and Literature) is a publicly accessible journal published by the Indonesian Language and Literature Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Halu Oleo University. This journal is published four times a year, every January, April, July, and ...