Jurnal Terapan Ekonomi dan Bisnis (JTEB)
Vol 3, No 2 (2023): September

Strategi Digital Marketing dan Peningkatan Branding Bagi UMKM Desa Melung Kecamatan Kedungbanteng

Luthfi Zamakhsyari (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Alfato Yusnar Kharismasyah (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Ilham Nuryana Fatchan (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2023

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi telah merambah ke bidang pemasaran digital bagipara pelaku bisnis. Salah satu alat pemasaran digital adalah media sosial. Media sosial dapatmembantu pelaku usaha dalam mempromosikan dan menjual produk, salah satunya UMKM.Permasalahan yang dihadapi oleh UMKM khususnya di desa Melung kecamatanKedungbanteng adalah pemasarannya masih door to door, dititipkan ke warung dan promosidari mulut ke mulut. Hal ini menyebabkan wilayah pemasaran dan cakupan penjualan produkmenjadi kecil. Sehingga perkembangan usaha para pelaku UMKM tidak berkembang pesat.Hal ini berdampak pada pendapatan yang tidak bertambah, jumlah produk yang terjual tidakbertambah dan cakupan wilayah pemasaran tidak luas. Dengan adanya kegiatan pelatihanbagi para pelaku UMKM di desa Melung, para pelaku UMKM dapat memanfaatkan mediasosial sebagai alat pemasaran digital sehingga wilayah promosi menjadi lebih luas danmembantu dalam menjual produk serta memberikan dan mengajarkan pentingnya brandingbagi usaha yang mereka miliki.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JTEB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Terapan Ekonomi dan Bisnis (JTEB) is a community service journal managed by the Faculty of Economics, University of Muhammadiyah Ponorogo, and published by the Universitas muhammadiyah Ponorogo with e-ISSN : 2808-2796. Jurnal Terapan Ekonomi dan Bisnis (JTEB) aims to accommodate thoughts, ...