Pemanfaatan teknologi informasi telah merambah ke bidang pemasaran digital bagipara pelaku bisnis. Salah satu alat pemasaran digital adalah media sosial. Media sosial dapatmembantu pelaku usaha dalam mempromosikan dan menjual produk, salah satunya UMKM.Permasalahan yang dihadapi oleh UMKM khususnya di desa Melung kecamatanKedungbanteng adalah pemasarannya masih door to door, dititipkan ke warung dan promosidari mulut ke mulut. Hal ini menyebabkan wilayah pemasaran dan cakupan penjualan produkmenjadi kecil. Sehingga perkembangan usaha para pelaku UMKM tidak berkembang pesat.Hal ini berdampak pada pendapatan yang tidak bertambah, jumlah produk yang terjual tidakbertambah dan cakupan wilayah pemasaran tidak luas. Dengan adanya kegiatan pelatihanbagi para pelaku UMKM di desa Melung, para pelaku UMKM dapat memanfaatkan mediasosial sebagai alat pemasaran digital sehingga wilayah promosi menjadi lebih luas danmembantu dalam menjual produk serta memberikan dan mengajarkan pentingnya brandingbagi usaha yang mereka miliki.
Copyrights © 2023