Meskipun secara teknis mudah dilaksanakan, juga tidak dibutuhkan keahlian yang sangat tinggi tapi kenyataan banyak usaha ternak lele jalan di tempat. Usaha ternak lele As-Salaam yang sudah berdiri sejak tahun 2012 juga demikian. Secara umum tidak ada perkembangan yang signifikan sejak berdiri sampai saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan beberapa faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bagi usaha ternak lele As-Salaam. Selanjutnya diharapkan dapat merumuskan strategi bagi pengembangan usaha pada peternakan lele As-Salaam. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dan menggunakan analisis SWOT. Hasil dari penelitian adalah posisi peternakan lele As-Salaam berada di kuadran I diagram kartesius SWOT, maka rekomendasi yang diberikan strategi progresif. Strategi terbaik adalah SO yaitu pemanfaatan kekuatan untuk meraih peluang. Kekuatan terbaik yang dimiliki adalah penggunaan medsos dalam hal ini Youtube untuk pemasaran. Peluang yang terbesar adalah munculnya produsen makanan olahan daging lele
Copyrights © 2023