cover
Contact Name
Nova Rini
Contact Email
nvrin207@yahoo.com
Phone
+628176094259
Journal Mail Official
nvrin207@yahoo.com
Editorial Address
Jl. Minangkabau No 60, Manggarai, Jakarta Selatan
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen
ISSN : 2088219X     EISSN : 27163830     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Manajemen menerima artikel ilmiah dengan ruang lingkup ekonomi bisnis dan manajemen dengan area penelitian pada: Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Produksi, Manajemen Strategi. Manajemen Keuangan Manajemen Akuntansi Sistem Informasi Manajemen Bisnis Internasional Hukum Bisnis Kewirausahaan Ekonomi Moneter, Keuangan, dan Perbankan Ekonomi internasional Ekonomi Publik Pertumbuhan ekonomi Ekonomi Daerah Artikel yang dikirimkan asli, belum pernah dipublikasikan di manapun dalam bahasa apapun, dan tidak sedang dalam proses pengajuan ke penerbit lain. Artikel yang dipublikasikan dalam Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Manajemen dapat berupa Artikel Penelitian maupun artikel konseptual (Non penelitian).
Articles 118 Documents
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN Sri Rahayu; Lela Nurlaela Wati
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol 8, No 2 (2018): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : STIE Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v8i2.41

Abstract

This study aims to analyze empirical evidence of the effect of service quality on customer satisfaction and its impact on customer loyalty at PT Indovisual Service Solution Jakarta. Samples in this study were 124 customers, probability sampling techniques, namely sampling techniques that provide equal opportunities for each element (member) of the population to be selected as sample members. Analysis of the data used is Structural Equation Modeling (SEM). empirical research results Service quality has a positive and significant effect on customer satisfaction. These results indicate that by improving the quality of service, customers will feel satisfied with the services provided. Service Quality has a positive and significant effect on customer loyalty. These results indicate that by improving the quality of service, customers will feel loyal and will continue to use the services of PT Indovisual Service Solution. Customer satisfaction does not have a significant positive effect on customer loyalty. This means that the lower the customer satisfaction, customer loyalty will also decrease the quality of service has a positive and significant effect on customer loyalty. These results indicate that by improving the quality of service, customers will feel loyal and will continue to use the services of PT Indovisual Service Solution
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP DISIPLIN KERJA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN Maudy Rosalina; Lela Nurlaela Wati
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol 10, No 1 (2020): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : STIE Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v10i1.26

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bukti empiris pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan melalui disiplin kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan sensus, dimana semua anggota populasi dijadikan sebagai responden dengan jumlah 52 karyawan PT. Nindya Karya (Persero) Divisi EPC. Analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan terhadap disiplin kerja, disiplin kerja terhadap kinerja karyawan. Secara langsung, gaya kepemimpinan tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan, namun secara tidak langsung berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Hasil ini menunjukkan bahwa semakin baik gaya kepemimpinan maka disiplin kerja dan kinerja karyawan akan semakin meningkat. Peningkatan disiplin kerja dalam kepemimpinan perusahaan mampu meningkatkan kinerja yang optimal.
Pengaruh Standarisasi ISO 9001: 2008 dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Sumberdaya Dian Mandiri Laras Dwi Hartini; Noor Indah Rahmawati
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol 8, No 1 (2018): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : STIE Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v8i1.18

Abstract

Kurangnya kesadaran karyawan mengenai pentingnya standardisasi ISO terutama ISO 9001:2008 sebagai pendukung kualitas perusahaan, kurangnya efektifitas penerapan standardisasi ISO 9001:2008, kinerjakaryawan tidak maksimal dengan datang tidak sesuai dengan jam kerja sehingga pekerjaan tidak selesai pada waktu yang telah ditentukan menjadi masalah dalam proses pencapaian tujuan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh standardisasi ISO 9001: 2008 terhadap kinerja karyawan, pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan dan pengaruh standarisasi ISO 9001: 2008 dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan secara simultan.Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode SPSS versi.17 untuk mengetahui hubungan antar variabel, dengan menggunakan regresi berganda dan analisis korelasi serta pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F.Penelitian ini menunjukkan pengaruh positif antara standarisasi ISO 9001: 2008 (X1) terhadap kinerja karyawan (Y) dengan Thitung 3,056 Ttabel 1,989 dan nilai probabilitas 0,003. Sedangkan untuk variabel (X2) budaya organisasi terhadap kinerja karyawan (Y) hasil yang diperoleh -1,241 dari 1.989 dengan nilai probabilitas 0.218 berarti tidak ada pengaruh antara variabel (X2) budaya organisasi terhadap kinerja karyawan (Y). Untuk hasil hipotesis dengan menggunakan uji f diperoleh hasil bahwa kinerja karyawan dipengaruhi oleh standarisasi ISO 9001: 2008 dan budaya organisasi secara bersamaan sebesar 10,9%. Pengujian hipotesis menunjukkan pengaruh antara standarisasi ISO 9001: 2008 dan budaya organisasi secara simultan terhadap kinerja karyawan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kinerja karyawan, perusahaan perlu mengadakan pelatihan ISO 9001: 2008 secara merata kepada semua karyawan sehingga pemahaman karyawan lebih luas tentang pentingnyastandardisasi ISO 9001: 2008, penerapan budaya organisasi semakin ditingkatkan untuk benar-benar meresap dan karyawan maumemahami makna dari budaya organisasi itu sendiri.Kata Kunci: Standarisasi ISO 9001: 2008, budaya organisasi, kinerja karyawan.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PENUMPANG MRT JAKARTA Erisa Deliyani; Bono Prambudi
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : STIE Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v9i2.62

Abstract

This study aims to analyze the effect of service quality on customer satisfaction in the Jakarta MRT transportation service business. The sampling technique used was purposive sampling of 100 people who have used or routinely used the MRT as a research sample. The data analysis method used is a quantitative analysis of the validity and reliability test, the classic assumption test, linear regression analysis, t test and F test and the coefficient of determination. Based on data analysis, the results of the study indicate that the indicators in this study are valid and reliable. In the classical assumption test that the data is normally distributed, there is no heteroscedasticity and multicollinearity. The results obtained from SPSS data processing, it can be concluded that Service Quality has a positive influence on the MRT Jakarta Customer Satisfaction. These results show empirical evidence that the better the quality of service, the MRT customer satisfaction will increase.
Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, dan Promosi terhadap Minat Masyarakat Bersekolah di SMAM Wanaraja Ahmad Darda; Budiman Abdulah
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol 8, No 1 (2018): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : STIE Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v8i1.13

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui, mengkaji dan menganalisi pengaruh Harga (X1), Kualitas Pelayanan (X2) dan Promosi (X3) terhadap Minat Masyarakat (X4), pada masyarakat untuk bersekolah di SMAM Wanaraja. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data variabel minat masyarakat, harga, kualitas pelayanan dan promosi menggunakan angket penyebaran kuesioner model Skala Likert. Uji validitas dihitung dengan rumus Product Moment dan Reliabilitas dihitung dengan Alpha Cronbach. Data dianalisis dengan statistik deskripsi dan inferensial, untuk pengujian hipotesis digunakan uji korelasi dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa : pertama, terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan harga terhadap kualitas pelayanan 0.238. Kedua, terdapat pengaruh secara positif dan signifikan haraga terhadap promosi 0.375. Ketiga, terdapat pengaruh secara positif dan signifikan harga terhadap minat masyarakat sebesar 0.303. Keempat, terdapat pengaruh secara positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap promosi sebesar 0.191. Kelima, terdapat pengaruh secara positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap minat masyarakat sebesar 0.142. Keenam, terdapat pengaruh secara positif dan signifikan promosi terhadap minat masyarakat sebesar 0.620.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA SHOWROOM PERINTIS MOTOR Ela Fitriadi; Nova Rini
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : STIE Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v9i1.49

Abstract

This study aims to examine the effect of service quality on customer satisfaction in the Showroom Perintis Motor. Research this use approach quantitative and design selected research by author is Causal Research. Population that will researched is consumer Showroom perintis motor who don't is known the amount, so for calculate amount minimum sample needed use formula calculation of Hair et al, whose the number of samples as big as 115 respondents. Technique data collection is used in research this is questionnaire distribution, observation and literature study. The results research obtained show that the independent variable (service quality) has a positive influence on the dependent variable (customer satisfaction). Consumer feel satisfied because of employee Showroom Perintis Motor do service whose done when this, as well able to give information with obviously that turns out influence level satisfaction consumers. The result research aforesaid certainly there are suitability against several result analysis whose done by research-research foregone.
PERAN INVESTASI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN JEPARA, TAHUN 2012-2016 Bono Prambudi
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol 8, No 2 (2018): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : STIE Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v8i2.42

Abstract

This study aims to determine the relationship and influence of the independent variables on the dependent variable, namely investment on economic growth from 2012 to 2016. The data used in this study are data from BPS (Statistics Indonesia). In this study using simple linear regression analysis. The result is that investment is positively related to economic growth. This shows that investment is an important factor in driving economic growth in Jepara Regency
KEPUTUSAN PEMBELIAN DALAM MEMEDIASI GREEN PROMOTION DAN GREEN PRICE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN Dian Palupi
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol 10, No 1 (2020): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : STIE Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v10i1.81

Abstract

Abstrak                                                              Penelitian ini bertujuan untuk menguji promosi ramah lingkungan (green promotion) dan harga dari produk ramah lingkungan terhadap kepuasan konsumen serta meneliti keputusan pembelian sebagai variabel yang memediasi promosi dan harga produk ramah lingkungan terhadap kepuasan konsumen. Sampel penelitian ini berjumlah total 135 orang mahasiswa. Sampel diambil dengan metode accidental sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa green promotion yang berwawasan lingkungan memiliki pengaruh langsung terhadap keputusan pembelian. Harga premium berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Keputusan pembelian memiliki pengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen pada produk ramah lingkungan. Keputusan pembelian terbukti sebagai variabel yang memediasi pengaruh promosi dan harga dari produk ramah lingkungan terhadap kepuasan pembelianKata kunci : green promotion, green price, kepuasan konsumen, keputusan pembelian  AbstractThis study aims to examine the promotion of environmentally friendly (green promotion) and the price of environmentally friendly products on consumer satisfaction and examine purchasing decisions as a variable that mediates promotions and prices of environmentally friendly products on consumer satisfaction. The sample of this study totaled 135 students. Samples were taken by accidental sampling method. The results of this study indicate that green environmental promotion has a direct influence on purchasing decisions. Premium prices have a positive effect on purchasing decisions. Purchasing decisions have a significant influence on customer satisfaction on environmentally friendly products. Purchasing decisions are proven as variables that mediate the influence of promotions and prices of environmentally friendly products on purchase satisfactionKeywords : : green promotion, green price, customer satisfaction, buying decision 
ANALISIS VOLATILITAS IMBAL HASIL REKSADANA SAHAM (STUDI KASUS PADA REKSADANA SCHRODER DANA PRESTASI PLUS) Ari Yulianto; Heri Ispriyahadi
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol 8, No 2 (2018): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : STIE Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v8i2.38

Abstract

This research aims to analyze the empirical evidence of the volatility of stock mutual fund returns. The data used is the daily yield data of Schroder Dana Prestasi Plus mutual funds. The analytical methods used in this study are GARCH (Generalized Auto Regression Heteroscedasticity) and EGARCH (Exponential Generalized Auto Regitional Heteroscedasticity). The results showed that the yield of Schroder Dana Prestasi Plus stock mutual funds proved significantly that there was a time varying volatility phenomenon. Then the volatility in the yield of Schroder Dana Prestasi Plus stock mutual funds was proven to be significantly unaffected by the asymmetric behavior therein. And the level of persistence in the volatility is quite low.
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN Davia Sri Astuti; Mohamad Lutfi
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : STIE Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v9i2.64

Abstract

The business world is getting really competitive these days. Including in providing internet service business. The Supra Primatama Nusantara Inc. or known as Biznet, is one of the services company that runs in the field of providing internet service. Biznet has several products. The product which will be analysed is Biznet Home, a product provided for housing and for apartment that lots of them recently known in need of internet service. Although there are lots of similar competitive products, but Biznet is remain able to stand by doing several strategies. This research itself has the purpose to find out how far is the effect from the Service Quality (X1), the Customer Satisfaction (X2), towards Customer Loyalty (Y), of Biznet Home in Bali. The sample of this research is in amount of 90 respondents by doing the accidental sampling method with the whole population of Biznet Home customers in Bali. The method which is used in this research is quantitative with regression analysis method. There are examination steps such as validation test, reliability test, normality test, multicollinearity test, heteroscedasticity test, multiple regression analysis, correlation test, determination coefficient test, simultaneously F test, and t statistic test.. This research results that independent variables of service quality (X1) and customer satisfaction (X2) have the significant positive relation towards dependent variable of customer loyalty (Y).

Page 1 of 12 | Total Record : 118