Kasta: Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya dan Terapan
Vol. 3 No. 2 (2023): AGUSTUS

Kontribusi Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Mengatasi Aspek Kognitif Pada Remaja Yang Mengalami Ketergantungan Terhadap Gadget

Mahfuz (Institut Agama Islam Negeri Curup)
Kartika Jumianti (Institut Agama Islam Negeri Curup)
Laili Nuzulia (Institut Agama Islam Negeri Curup)
Linda Kusumawati (Institut Agama Islam Negeri Curup)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2023

Abstract

Menghafal Al-Qur'an merupakan kewajiban bagi umat Islam di seluruh dunia. Dengan menghafal Al-Qur'an berarti kita berusaha menjaga keaslian Al-Qur'an dalam ingatan kita karena sejatinya Al-Qur'an adalah pedoman hidup umat Islam. Namun permasalahan yang ada saat ini adalah dimana umat Islam hanya menghafal Al-Quran tanpa memperhatikan kaidah bacaan yang tentunya akan merusak isi dan hafalannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran murobbi dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di Ma’had Al-Jamiah IAIN Curup.Metode penelitian yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Hasil penelitian peran murobbi di Ma'had Al-Jami'ah IAIN Curup sangat baik. Hal ini dikarenakan murobbi telah menjalankan tanggung jawabnya sebagai murobbi mulai dari membimbing, mendidik, mengendalikan dan mengawasi sehingga dapat meningkatkan hafalan Al-Qur'an mahasanti ma'had al-jami'ah IAIN Curup. Faktor pendukung dan penghambat Murobbi dalam meningkatkan hafalan Al-Qur'an di Ma'had Al-Jami'ah IAIN Curup yaitu kemauan Murobbi, kelancaran, tanggung jawab bahasa jawa, kelancaran dan lain-lain.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kasta

Publisher

Subject

Education

Description

KASTA adalah Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya dan Terapan dibawah lembaga Bale Literasi . Jurnal ini terbit tiga kali setahun, yaitu bulan April,Agustus dan Desember, ini memuat tentang ilmu-ilmu sosial, keagamaan, baik dalam pemikiran Islam,dan kajian Islam lainnya, kajian tetang budaya serta ilmu ...