PEDAGOGIKA
Vol 14 No 2 (2023): Vol 14 No 2 (2023): Oktober

Persepsi Korupsi Pada Petugas Layanan dalam Upaya Membangun Zona Integritas

Nurul Maulida Alwi (Universitas Negeri Gorontalo)
Salim Korompot (Universitas Negeri Gorontalo)
Mohamad Rizal Pautina (Universitas Negeri Gorontalo)
Zulkarnain Anu (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam survei ini adalah untuk mengetahui hasil survei persepsi korupsi dari pihak eksternal untuk pemetaan dalam pengambilan kebijakan sehingga bersih dari perilaku korupsi di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Tujuan jangka panjang survei ini yaitu memberikan pemahaman dan meningkatkan pelayanan yang bijak agar terhindar dari perilaku korupsi. Desain survei ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan dua variabel yaitu pembelajaran persepsi korupsi dan petugas pelayanan. Jumlah responden sebanyak 185 orang, dengan menggunakan teknik accidental sampling dan survei dilaksanakan di bulan januari 2022. Alur kegiatan survei yakni: (1) Menyiapkan literatur review, (2) Mengembangkan dan menyusun instrument, (3) Mendistribusikan instrumen, (4) Memeriksa instrumen, (5) Mengkoding instrumen, (6) Menentukan hasil analisis instrumen, (7) Laporan akhir. Hasil survey yang diperoleh indikator prosedur pelayanan, mendapat indeks 81.9%, indikator perilaku petugas pelayanan, mendapat indeks 81.9%, indikator tidak ada praktek percaloan, mendapat indeks 88.6%, indikator tidak diskriminatif, mendapat indeks 82.4%, indikator tidak pungli, mendapat indeks 89.1% , indikator tidak meminta/menuntut imbalan, mendapat indeks 88.6%, indikator tidak memberikan kode/isyarat pemberian imbalan, mendapat indeks 81.1%, indikator penolakan atas pemberian, mendapat indeks 82.7%, indikator produk layanan, mendapat indeks 81.5%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pedagogika

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The PEDAGOGIKA with registered number ISSN p-2086-4469, ISSN e-2716-0580 is a collection of educational scientific articles, especially in the fields of educational sciences such as Educational Management, Guidance and Counseling, Primary/Elementary and Teacher Education, Early Childhood and Teacher ...