Range : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 1 (2023): RANGE Juli 2023

Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Aplikasi Smart Apps Creator Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VII

Adillah Resfia El Wa'fa (Author)
Megita Dwi Pamungkas (Unknown)
Fadhilah Rahmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Kemampuan literasi matematis merupakan kemampuan untuk memahami, menggunakan, dan menerapkan matematika dalam berbagai konteks. Data hasil tes awal menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Windusari masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan serta keefektifan produk multimedia pembelajaran berbasis Smart Apps Creator terintegrasi Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengacu pada metode pengembangan ADDIE. Adapun desain penelitian ini yaitu one group pretest-posttest. Hasil analisis data validitas ahli materi dan ahli multimedia menunjukkan persentase sebesar 86% dan 88% dengan kategori “sangat valid”. Uji kepraktisan berdasarkan respon siswa yaitu sebesar 79% dengan kategori “praktis”, serta berdasarkan respon guru memperoleh persentase sebesar 98% dengan kategori “sangat praktis”. Keefektifan produk berdasarkan skor N-Gain yaitu 0,47 dengan interpretasi tingkat peningkatan sedang. Berdasarkan hasil tersebut, multimedia pembelajaran berbasis Smart Apps Creator terintegrasi Profil Pelajar Pancasila valid, praktis, serta efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis. Selanjutnya, produk perlu dikembangkan lebih lanjut dengan menambahkan materi, soal, format output aplikasi, serta lebih difokuskan pada literasi matematis.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Range: Jurnal Pendidikan Matematika publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in mathematics education study program on current science issues, namely: (1) Mathematics educator in elementary, secondary and high school level, (2) Mathematics observers and ...