Journal of Instructional and Development Researches
Vol. 3 No. 4 (2023): August

Pengembangan Busy Book Berbasis Loose Parts Untuk Melatih Problem Solving Anak Usia Dini

Maya Nabila (Universitas Negeri Malang, Malang)
Ahmad Samawi (Universitas Negeri Malang, Malang)
Imron Arifin (Universitas Negeri Malang, Malang)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Busy Book berbasis loose parts merupakan media pembelajaran yang dibuat dengan bahan dasar kain flanel yang dijahit membentuk sebuah buku berukuran 24 x 25 cm. adapun tujuan dari penelitian yakni 1) Menghasilkan sebuah produk yakni busy book berbasis media loose parts untuk melatih kemampuan problem solving anak usia dini. 2) Menguji validitas busy book berbasis media loose parts untuk melatih kemampuan problem solving anak usia dini. Rancangan penelitian ini dilakukan dengan konsep ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement). Uji coba dilakukan berdasarkan evaluasi ahli materi dan media, uji coba kelompok kecil, penilaian respon guru dan peserta didik, serta uji coba kelompok besar dengan menggunakan teknik analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Data uji coba dianalisis secara kuantitatif yang diinterpretasikan secara kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat validitas media busy book untuk melatih kemampuan problem solving anak usia 5-6 tahun berdasarkan hasil validasi ahli media memperoleh skor 76 % atau memperoleh kriteria valid, berdasarkan hasil validasi ahli materi memperoleh skor 78,66 % atau termasuk dalam kriteria valid, hasil penilaian respon guru memperoleh skor 92,5 % atau masuk dalam kriteria sangat praktis, penilaian respon peserta didik memperoleh skor 96,66 % yang dapat dikategorikan sangat praktis. Hasil uji coba kelompok kecil memperoleh skor 97,3 % atau masuk dalam kriteria sangat praktis dan hasil uji coba kelompok besar memperoleh skor 91,33 % atau masuk dalam kriteria sangat praktis. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa busy book berbasis loose parts bisa digunakan untuk melatih kemampuan problem solving anak usia 5-6 tahun.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIDeR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Instructional and Development Researches (JIDeR) is a scientific journal published by Indonesia Emerging Literacy Education. This journal publishes related research papers and covers a wide range of topics in the field of knowledge: learning research, educational development research. ...