cover
Contact Name
Mohammad Salehudin
Contact Email
jider@iel-education.org
Phone
+628113212014
Journal Mail Official
sarthi339@gmail.com
Editorial Address
Wage Asri 2, Taman, Sidoarjo West Java Province, Indonesia 61257
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Journal of Instructional and Development Researches
ISSN : 2807548X     EISSN : 28075471     DOI : https://doi.org/10.53621/jider
Core Subject : Education,
Journal of Instructional and Development Researches (JIDeR) is a scientific journal published by Indonesia Emerging Literacy Education. This journal publishes related research papers and covers a wide range of topics in the field of knowledge: learning research, educational development research. Articles are original research results with a maximum plagiarism of 25%. Articles submitted to JIDeR will be reviewed by at least 2 (two) reviewers. Articles submitted must meet the assessment criteria and comply with the instructions and templates provided by JIDeR.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 70 Documents
Model Pembelajaran Pada Masa Covid-19 di Indonesia Hairiah
Journal of Instructional and Development Researches Vol. 1 No. 1 (2021): August
Publisher : Indonesia Emerging Literacy Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.25 KB) | DOI: 10.53621/jider.v1i1.15

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan model pembelajaran pada masa Covid-19 di Indonesia, karena masa Covid-19 ini pembelajaran menggunakan online dan pembelajaran jarak jauh yang menuntut penerapan model pembelajaran yang tepat dan dapat dilaksanakan dengan baik. Metode dengan kualitatif kajian literatur atau penelitian kepustakaan dengan analsis isi. Hasil penelitian menemukan adanya pembelajaran online atau daring pada masa pandemi COVID-19 sangat berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik, peserta didik merasa bosan karena tidak bertemu dengan teman dan gurunya secara langsung. Pandemi COVID-19 yang telah mempengaruhi banyak hal termasuk kehidupan pendidikan, orang tua peserta didik, peserta didik dan proses pembelajaran, sehingga perlunya seorang guru yang memiliki tanggung jawab untuk benar-benar mendidik para peserta didik dimana para guru harus menemukan cara yang sesuai untuk mempromosikan proses pembelajaran dengan model pembelajaran yang ditemukan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Cooperative Learning, Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), model pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Model pembelajaran flipped classroom (FC), Model pembelajaran Lietarasi Digital (LD).
Trik Konselor Sebaya dalam Upaya Mencegah Perilaku Seks Pranikah di Kalangan Remaja Muhammad Sayyid Naufal Ramadhan; Mohammad Salehudin; Rudy Hadi Kusuma
Journal of Instructional and Development Researches Vol. 1 No. 1 (2021): August
Publisher : Indonesia Emerging Literacy Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.737 KB) | DOI: 10.53621/jider.v1i1.16

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan trik konselor sebaya dalam upaya mencegah perilaku seks pranikah di kalangan remaja, penelitian ini dengan pendekatan kualitatif deskriptif memilih lokasi penelitian dan konselor sebaya yang berada di empat PIK-R (PIK-R Widiagama, PIK-R Palapa, PIK-R Mahakam Borneo dan PIK-R Pelita Hati di Kota Samarinda) wawancara digunakan untuk mengumpulkan data dengan model wawancara terstruktur kemudian di analisis dengan model miles and Huberman. Hasil penelitian pada upaya yang dilakukan beberapa trik konselor Sebaya bersama PIK-R dalam upaya mencegah perilaku seks pranikah yaitu diantaranya; 1) Trik dengan Penyuluhan oleh konselor sebaya ke lingkungan remaja dan ke sekolah-sekolah, 2) Trik dengan Penguatan PIK-R (pemberian pemahaman dan pembinaan) pemahaman kepada anggota PIK-R melalui sharing materi dan diskusi serta pembinaan kepada PIK-R yang baru dibentuk, 3) Trik dengan Sosialisasi Kepada Remaja 4). Trik dengan sosialisasi kepada orang tua 5). Trik Memanfaatkan Media Sosial dalam kampanye dan dokumentasi, dan 6). Trik Penyuluhan dan Sosialisasi. Terjun langsung ke lingkungan remaja dengan media GenRe KIT dan melakukan sosialisasi kepada orang tua remaja dan bekerjasama dengan BKR (Bina Keluarga Remaja).
Pembelajaran Al Qur’an Pada Program Tahfidz Balita dan Anak Usia Dini Nur Latifah
Journal of Instructional and Development Researches Vol. 1 No. 1 (2021): August
Publisher : Indonesia Emerging Literacy Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.216 KB) | DOI: 10.53621/jider.v1i1.17

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi anak usia dini dalam belajar al qur’an pada program tahfidz balita dan anak. Penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan wawancara terbuka, pertanyaan kunci adalah Apakah faktor motivasi pada AUD untuk belajar dalam belajar al-Qur’an pada program tahfidz balita dan anak. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala TPA, Guru dan lima Orang Tua AUD/ Balita yang belajar di Tempat Penelitian. Penelitian dilaksanakan di TPA Asyaturrohmah Sangatta Kutai Timur. Analisis menggunakan Miles & Huberman, Hasil penelitian balita menghafal al-Qur’an dengan metodenya dari satu ayat dipenggal perkata, diulang-ulang, satu kata itu sampai 5 kali, motivasi belajar dengan strategi motivasi untuk mendorong agar anak mau ikut menghafal, motivasi dari luar diberikan guru dan orang tua, keluarga dan masyarakat, dan motivasi dari dalam anak senang belajar menghafal karena dirangsang dengan aktivitas dunia mereka seperti menggambar sebelum kegiatan menghafal dimulai. Harapan anak terus berkembang dengan pengetahuan dan pengalaman yang awalnya berasal dari tempat TPA ini.
Pengembangan Media Pembelajaran Al-Qur'an Hadits Terintegrasi Seni Melalui Narasi Berbasis Gambar Bercerita Surat Al-Fil Untuk Membangun Kemampuan Berpikir Siswa Sri Bulan; W Eka Wahyudi
Journal of Instructional and Development Researches Vol. 1 No. 1 (2021): August
Publisher : Indonesia Emerging Literacy Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.275 KB) | DOI: 10.53621/jider.v1i1.18

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui bentuk pengembangan media pembelajaran Al-Qur'an Hadits dalam bentuk narasi gambar bercerita terkait materi surat Al-Fil dapat membangun kemampuan berpikir siswa kelas 2 MI. Pendekatan penelitian literatur review dari penelitian-penelitian sebelumnya. Metode yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (R&D) model Dick dan Carey untuk mengahasilkan langkah-langkah dalam pengembangan produk. Pengembangan media Al-Qur'an Hadits dengan mengintegrasikan seni di dalamnya dengan bentuk gambar bercerita belum berwarna disertai narasi diawal dan setelah gambar serta ruang berbentuk awan untuk siswa menuliskan deskripsi penalarannya dari peristiwa pada gambar yang akan diwarnai dapat menstimulus dan melatih kemampuan siswa dalam berpikir. Dari berpikir tingkat rendah sampai kepada tahap berpikir tingkat tinggi yaitu berupa kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir kreatif, dan kemampuan memecahkan masalah. Langkah selanjutnya, berdasarkan hasil validasi tim ahli, pengembangan media pembelajaran Al-Qur'an Hadits materi surat Al-Fil kelas 2 MI berbentuk narasi berbasis gambar bercerita perlu ditindaklanjuti dengan mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran mata pelajaran Al-Qur'an Hadits agar diperoleh kebermanfaatan.
Desain E-Learning Berbasis Google classroom Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Ahmad Muzakki; Winarto Eka Wahyudi
Journal of Instructional and Development Researches Vol. 1 No. 1 (2021): August
Publisher : Indonesia Emerging Literacy Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.944 KB) | DOI: 10.53621/jider.v1i1.22

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain pembelajaran online (E-learning) berbasis Google classroom, mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran berbasis Google classroom dari paparan beberapa hasil penelitian yang pernah dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka, dengan cara menghimpun hasil penetian terdahulu yang sesuai dengan tema E-learning berbasis Google classroom. Hasil temuan dari beberapa literature review menunjukkan pelaksanaan E-learning berbasis google classroom, pada hasil pembelajaran mengalami peningkatan ketuntasan dari 70,94% meningkat jadi 88.88%. dari paparan diatas, dapat disimpulkan bahwa E-learning berbasis Google classroom bisa jadi solusi pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Akan tetapi perlunya sosialisasi terhadap guru dan siswa, mengingat tidak sedikit guru dan siswa yang masih awam dengan penggunaan platform Google classroom tersebut.
Literasi Digital Peserta Didik Sekolah Dasar: Sebuah Studi Kepustakaan Mardiana
Journal of Instructional and Development Researches Vol. 1 No. 2 (2021): October
Publisher : Indonesia Emerging Literacy Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.265 KB) | DOI: 10.53621/jider.v1i2.52

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan literasi digital peserta didik sekolah dasar pada masa pandemi Covid-19, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian kepustakaan atau literatur research dengan langkah-langkah dalam penelitian ini dimulai dengan 1. Membuat kata kunci “literasi digital peserta didik”, “literasi digital masa Covid-19” dan “Dampak Covid-19”, 2. pencarian artikle melalui Google Cendekia/ google scholar, 3. Data yang terkumpul di bagi pada bagian penting. Analisis artikel dan disajikan datanya dan kemudian di analisa kualitatif deskriptif dengan miles dan hubermen penekanannya pada penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa konsep literasi digital menurut Bawden yang tersusun atas empat komponen yaitu kemampuan dasar literasi peserta didik dalam baca tulis, latar belakang pengetahuan informasi (tingkat intelektualitas), keterampilan di bidang TIK, serta sikap dan perspektif informasi (attitudes and perspective). Penekanann peserta didik dalam literasi digital sebagai kemampuan memanfaatkan teknologi, memaknai dan memahami, serta menilai kredibilitas informasi yang ada pada konten digital walaupun dalam masa Covid-19 saat ini.
Penerapan Model Cooperative Learning Tehnik Example non Example dalam Meningkatan Hasil Belajar PAI Kelas 4 di SDN 002 Balikpapan Timur Imro Atus Sholikhah
Journal of Instructional and Development Researches Vol. 1 No. 2 (2021): October
Publisher : Indonesia Emerging Literacy Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (359.706 KB) | DOI: 10.53621/jider.v1i2.56

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi apakah pendekatan cooperatif Learning dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi Beriman kepada Rasu Alloh bagi siswa kelas 4 di SD Negeri 002 Balikpapan Timur dan untuk mengetahui langkah langkah yang tepat dalam mengaplikasikan pendekatan kooperatif learning menggunakan Tehnik example non example pada siswa kelas 4 dalam materi beriman kepada rasul Alloh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research), termasuk penelitian deskriptif, penelitian ini mengacu pada perbaikan pembelajaran yang berkesinambungan. Tempat penelitian di SD Negeri 002 Balikpapan Timur pada Tahun Ajaran 2021/2022. Hasil belajar PAI siswa kelas IV SDN 002 Balikpapan Timur dapat ditingkatkan melalui pembelajaran kooperatif tehnik examples non examples, sebelum diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe examples non examples, rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal hanya memperoleh nilai rata-rata 72 Setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe examples non examples, maka diketahui hasil belajar siswa siklus I pada rata-rata nilai 80 dan mengalami peningkatan Tingkat ketuntasan belajar dari kondisi awal 33% ketuntasan menjadi 66 % tingakat ketuntasan di silkus 1. Kemudian setelah refleksi dan dilakukan perbaikan terhadap kelemahan pembelajaran. Diketahui pada siklus kedua rata-rata nilai hasil belajar siswa tercapai pada nilai rata-rata 84,16 dengan kategori baik. Artinya secara klasikal siswa telah mencapai KKM yang ditetapkan, sehingga hal ini mengindikasikan keberhasilan penelitian, karena indikator keberhasilan yang ditetapkan telah melebihi 75%.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Make a Match Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Materi Asmaul Husna Kelas 5 di MI Hidayatullah Martapura Mursyidawati
Journal of Instructional and Development Researches Vol. 1 No. 2 (2021): October
Publisher : Indonesia Emerging Literacy Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.866 KB) | DOI: 10.53621/jider.v1i2.57

Abstract

Penelitian ini bertujuan bagaimana penerapan model kooperatif make a match untuk meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak materi Asmaul Husna siswa kelas V MIS Hidayatullah. Penelitian ini dirancang dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau yang disebut classroom action research, prosedur pelaksanaan tindakan kelas dalam penelitian ini diatur dalam skenario model penelitian tindakan kelas dengan rancangan distrukturkan dalam dua siklus, dimana Siklus I merupakan prerekuiset dari siklus berikutnya. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan (langkah), yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi, dilaksanakan di Kelas 5A, berjumlah 16 orang. Jumlah laki-laki sebanyak 6 orang dan siswa perempuan berjumlah 10 orang. Adapun lokasi di MIS Hidayatullah Martapura Jl. Pangeran Hidayatullah No. 1A. Hasil penelitian Tindakan kelas yang sudah dilakukan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Materi Mengenal Allah swt Melalui Asmaul Husna, dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5A MI Hidayatullah Martapura Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan tingkat ketuntasan pada siklus I sebanyak 62,5% dan siklus II sebanyak 81,25%. Adapun peningkatan ketuntasan dari siklus I dan Siklus II sebesar 18, 75 %. Peningkatan tersebut terjadi karena dalam metode make a match memiliki karakteristik seperti kerjasama, permainan, dan penghargaan (hadiah) sehingga siswa dapat bekerja sama dalam memecahkan masalah serta tercipta suasana belajar yang menyenangkan, asyik, dan aktif.
Human Resources on Increasing Teacher Performance in Islamic Education Institution Aminatul Zahroh; Khurotin Anggraeni; Muhamad Faizul H; H. Karim
Journal of Instructional and Development Researches Vol. 1 No. 2 (2021): October
Publisher : Indonesia Emerging Literacy Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.54 KB) | DOI: 10.53621/jider.v1i2.62

Abstract

Education is strategic to increasing human resources quality which is a determinant factor of national development. To achieve education goals, we need human resources. Human resources are a keys factor in an institution. Human resources will support organizations with their creation, talent, creativity, and support. Education plays an important role in increasing human resources. Human resources in education include principle, teachers, staff, and committees. Teacher plays an important role to decided education success to produce quality output. A teacher is the main key to learning success. The teacher is expecting to create learning education interaction and make innovation to learning quality improvement. The purpose of study is to analysis and finding increasing teacher performance through human resources in Islamic education Institution. The research method used descriptive qualitative. The data collecting method uses in-depth interviews, participant observation, and documentation. The result of the study the human resources at Pondok Pesantren Banyumas Jawa Tengah managed is well. The study has proven with planning, recruitment, teacher selection, placement process or orientation, teacher performance assessment, training, carrier development, compensation and allowance, teacher dismissal. Teacher performance is optimal yet, cause many teachers cannot finish their tasks on time, although discipline is a priority. While the implementation of human resources management did well and given an effect on increasing teacher performance. Many resistances increasing teacher performance is prepared lesson plan and learning media maximal yet
Persepsi Mahasiswa FTIK tentang Literasi Digital pada Sosial Media Mustika Nur Faidah
Journal of Instructional and Development Researches Vol. 1 No. 2 (2021): October
Publisher : Indonesia Emerging Literacy Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.979 KB) | DOI: 10.53621/jider.v1i2.65

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa tentang literasi digital pada media sosial. Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif dengan metode survey, sampel ditetapkan secara random sampling, ditetapkan 46 orang menjadi responden adalah mahasiswa FTIK UINSI Samarinda. Instrumen dibuat dalam 15 item pertanyaan diadaptasi dari beberapa sumber artikel yang dibuat dengan google from dan disebarkan pada bulan September-Oktober 2021 dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa persepsi mahasiswa memiliki kemampuan literasi digital dalam menggunakan media sosial dengan bijak, persepsi mahasiswa tentang literasi digital pada media sosial dapat disimpulkan dalam arti baik dan bahkan sangat baik pada item pertanyaan tertentu. Pemahaman mahasiswa mengenai literasi digital akan lebih meningkat dan membaik, maka dari itu diperlukannya kesadaran pada mahasiswa betapa pentingnya literasi digital pada media sosial terutama pada zaman ini yang sangat rawan dengan informasi hoax. Sebab, dengan wawasan literasi digital yang luas dapat membuktikan informasi hoax, serta dapat memperoleh, memahami, dan memanfaatkan informasi dengan bijak.