Karimah Tauhid
Vol. 2 No. 6 (2023): Karimah Tauhid

Analisis Kurikulum Bilingual Pada Pembelajaran Bahasa Inggris di Brazil untuk Siswa Tahun Pertama Sekolah Dasar di Kutip Melalui “Jurnal Brazillian English Languange Teaching”

Zahrina Zahirah Ramlan (Universitas Djuanda)
Siti Nur Rizkiah (Universitas Djuanda)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis sebuah jurnal yang berasal dari negara Brazil yang bertujuan untuk mengupas terkait pengimplementasian pembelajaran bahasa inggris di Brazil khususnya di sekolah dasar. Setelah mengalami perubahan pada sistem pendidikan, Brazil membuat kebijakan baru dengan menerapkan program kurikulun bilingual. Kurikulum bilingual menjadi sebuah landasan dalam pembelajaran bahasa inggris di lembaga pendidikan. Praktik literasi sebagai bahan ajar yang di implementasikan oleh guru, sehingga dapat meningkatkan fonem pada siswa di tahun pertama sekolah dasar. Dalam teknik pengumpulan data, peneliti mengadakan dua kegiatan sebagai uji coba kepada dua kelas 1-A dan 1-B sekolah dasar. Partisipan yang dilibatkan berjumlah 29 yang terbagi menjadi dua kelas. Daru hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas 1-A lebih unggul dalam menyelesaikan tugas dibandingkan 1-B. Karena siswa 1-A sudah terlebih dahulu mempelajari kurikulum bilingual pada masa pra sekolah. Sedangkan siswa 1-B menjadi tahun perdana mereka mempelajari kurikulum bilingual di sekolah dasar. Dengan demikian kelas 1-B lebih banyak kesulitan dan hambatan yang ditemukan saat dilakukan uji coba oleh peneliti. Maka bilingual sangat mempengaruhi dalam berkemampuan bahasa Inggris terutama jika di pelajari sejak dini. Karena berdampak positif bagi aspek kognitif serta peningkatan linguistik pada anak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

karimahtauhid

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Neuroscience Social Sciences

Description

Karya Ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian maupun pengabdian yang mencakup semua bidang ilmu baik dalam bidang sosial maupun ...