Peran dosen sangat signifikan terhadap kualitas lulusan yang dihasilkan. Tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan dunia pendidikan dibarengi dengan peningkatan kinerja dosen. Tujuan artikel ini adalah untuk mengetahui implementasi pengembangan perangkat pembelajaran dosen berbasis TPACK terhadap kinerja dosen Pendidikan Agama Kristen (PAK) di Institut Teknologi dan Bisnis Kristen (ITBK) Bukit Pengharapan Tawangmangu tahun akademik 2022/2023. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan studi kepustakaan. Hasilnya adalah (1) desain pembelajaran dosen kurang inovatif dan kreatif terhadap karakteristik mahasiswa di era digitalisasi teknologi yang ada, (2) ada kecenderungan dosen dalam penyusunan rancangan pembelajaran semester (RPS) sekadar sebagai persyaratan administratif belaka tanpa memerhatikan kondisi dan keadaan mahasiswa yang diajarnya. Selain itu, dosen menghadapi tantangan dalam mengadakan pendekatan perkuliahan terutama dalam menjelaskan materi kepada mahasiswa karena latar belakang mayoritas mahasiswa berasal dari 3T (terdepan, terluar, tertinggal) yaitu dari Kalimantan, Nusa Tenggara dan Papua.
Copyrights © 2023