Transformasi Fondasi Iman Kristen dalam Pelayanan Pastoral di Era Society 5.0
Vol 6, No 1 (2023): September 2023

Gereja dan Orang dengan Disabilitas (Survei Pemahaman Anggota Jemaat Gereja terhadap Kehadiran dan Pelayanan bagi Orang dengan Disabilitas)

Anggi Maringan Hasiholan (STT Bethel Indonesia, Jakarta)
Herman Yanto Nainggolan (Sekolah Tinggi Filsafat Theologi Jakarta)
Dewi Sintha Bratanata (Sekolah Tinggi Filsafat Theologi Jakarta)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2023

Abstract

People with disabilities are the image of God and are often discriminated against in the church. Discrimination is done because people with disabilities are considered different from other people. Therefore, a phenomenological study is needed to understand the congregation. This research examines the congregation's understanding of the presence of people with disabilities in the church. The research method used is quantitative through a google form. The sample congregation is Gereja Kemenangan Iman Indonesia Bekasi. The research results show that GKII Bekasi is not hospitable to people with disabilities. Therefore, special attention is needed for people with disabilities and themes that discuss the existence of people with disabilities. The researcher suggested several theological themes from the perspective of disability that need to be developed, namely the destruction of sin and disability, self-identity healing, wholeness and disability, theology of the body, and hospitality for people with disabilities. Such actions will destroy the negative stigma of the congregation.Orang dengan disabilitas merupakan citra Allah yang sering didiskriminasi di gereja. Diskriminasi dilakukan karena orang dengan disabilitas dianggap berbeda dari orang yang lain dan dalam keadaan normal sebagai manusia. Anggapan ini perlu diafirmasi dengan data lapangan untuk dapat menjadi bahan pertimbangan gereja dalam merespons perjumpaan dan kehadiran orang dengan disabilitas di gereja. Penelitian ini bertujuan untuk memeriksa pemahaman jemaat tentang keberadaan orang dengan disabilitas yang ada di gereja. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif melalui Google form. Sampel jemaat adalah Gereja Kemenangan Iman Indonesia Bekasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa GKII Bekasi belum menunjukkan keramahtamahan terhadap orang dengan disabilitas yang tercermin dari persepsi jemaat dan keterlibatan orang disabilitas dalam pelayanan gerejawi. Oleh karena itu, diperlukan perhatian khusus bagi orang dengan disabilitas dan tema-tema yang membahas keberadaan orang dengan disabilitas. Peneliti menyarankan beberapa tema tentang teologi dari perspektif disabilitas yang perlu dikembangkan yaitu menghancurkan pemahaman dosa dan disabilitas, penyembuhan identitas diri, keutuhan dan disabilitas, teologi tubuh, dan hospitalitas bagi orang dengan disabilitas. Tindakan-tindakan demikian akan menghancurkan stigma negatif dari jemaat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jbh

Publisher

Subject

Religion

Description

Focus & Scope Jurnal Teologi Berita Hidup adalah: Teologi Biblikal Teologi Sistematika Teologi Pastoral Kepemimpinan Kristen Pendidikan Agama ...