Latar Belakang: PHBS di Sekolah merupakan salah satu upaya pemerintah yang diharapkan dapat menggerakkan dan memberdayakan masyarakat untuk hidup sehat di lingkungan Pendidikan, PHBS sekolah meliputi 8 indikator. Anak sekolah menjadi salah satu kelompok paling rentan terhadap terjadinya masalah kesehatan karena faktor lingkungan dan pola hidup yang kurang baik. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh media permainan ular tangga terhadap pengetahuan PHBS di sekolah Metode: Penelitian dilakukan di Sekolah SD Islam Asshafa Depok yang terletak di Jl. Raya Pengasinan No.29 Kelurahan Sawangan Depok, Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode Studi cross-sectional dengan konfigurasi total sampling, dimana seluruh siswa SD Islam Asshafa 90 siswa akan menjadi responden dalam penelitian ini. Siswa akan mengisi kuesioner yang sudah dibuat dan diuji hasilnya uji wilcoxon. Hasil: Hasil analisis Uji Wilcoxon didapatkan hasil bawa indicator pada PHBS memperoleh P=0,000 sehingga <0,05 yang artinya ada perbedaan pengetahuan pada indicator PHBS yang signifikan antara nilai pre-test dan post-test. Kesimpulan: Terdapat peningkatan pengetahuan indikator PHBS secara signifikan antara nilai pre-test dan post-test
Copyrights © 2023