Economic and Education Journal (Ecoducation)
Vol 5 No 2 (2023): Economic and Education Journal (Ecoducation)

Pengaruh Sharia Marketing Mix, Celebrity Endorser dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian

Saila Azizah (Ekonomi Syariah, Pascasarjana UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)
Mashudi Mashudi (Ekonomi Syariah, Pascasarjana UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)
Binti Nur Asiyah (Ekonomi Syariah, Pascasarjana UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Variabel independen terdiri dari Bauran Pemasaran Syariah (X1), Celebrity Endorser (X2) dan Kepercayaan Konsumen (X3). Variabel terikatnya adalah Keputusan Pembelian pada pengguna shopee. Sampel sebanyak 85 responden diambil dengan menggunakan teknik sampling insidental. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda, diperoleh hasil Y = 6,708 + 0,308 X¬1 + 0,405 X2 + 0,207 X3. Berdasarkan uji f dan uji t diperoleh hasil bahwa variabel Bauran Pemasaran Syariah, Celebrity Endorser, dan Kepercayaan Konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Diperoleh pula koefisien determinasi (R2) sebesar 0,816 yang berarti koefisien model ini menunjukkan sebesar 81. 6% keputusan pembelian konsumen pengguna shopee dipengaruhi oleh tiga variabel independen yaitu Bauran Pemasaran Syariah, Celebity Endorser, dan Kepercayaan Konsumen. sedangkan sisanya 18,4% dipengaruhi oleh variabel lain.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ecoducation

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Other

Description

ECODUCATION : is an open access journal that aims to help researchers publish their work to readers more broadly. The coverage contained in this journal includes: Economics Education, Economics, Management, Entrepreneurship. ...