Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 11, No 2 (2023)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP

Yuli Yuli (Universitas Halu Oleo)
Hasnawati Hasnawati (Universitas Halu Oleo)
Hafiluddin Samparadja (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dibandingkan dengan model pembelajaran langsung.Teknik analisis data menggunakan statistik desktiptif dan inferensial. Hasil penelitian secara deskriptif dan inferensial menunjukan bahwa: (1) Deskripsi pembelajaran matematika siswa yang diajar dengan model PBL pada kelas VII SMP Negeri 4 Kendari tergolong baik dengan rata-rata keaktifan siswa 65.4%;(2) Deskripsi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII7 SMP Negeri 4 Kendari yang diajar menggunakan model pembelajaran PBL pada materi segiempat dan segitiga diperoleh nilai rata-rata 62.15; (3) Deskripsi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII8 SMP Negeri 4 Kendari yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada materi segiempat dan segitiga diperoleh nilai rata-rata 50.07; (4) Terdapat pengaruh penerapan model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas VII SMP Negeri 4 Kendari di bandingkan model pembelajaran langsung.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...