Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi-experimental research) yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di siswa kelas VII MTs. Karolembo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs. Karolembo yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri atas 3 kelas berjumlah 73 siswa. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari 49 siswa, yang terbagi atas dua kelompok belajar, yaitu kelas VIIA sebagai kelas eksperimen berjumlah 25 siswa dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol berjumlah 24 siswa. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian secara deskriptif dan secara inferensial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Copyrights © 2023