Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP
Vol 4, No 3 (2023)

Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality Assemblr Edu dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP

Masri Masri (Unknown)
Dewi Surani (Universitas Bina Bangsa)
Ade Fricticarani (Universitas Bina Bangsa)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penggunaan media Augmented Reality Assemblr Edu dalam meningkatkan minat belajar IPA pada siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Cilegon, khususnya pada topik sistem pencernaan manusia. Minat belajar yang kuat pada subjek ini dianggap penting untuk meningkatkan pemahaman dan prestasi akademik siswa dalam bidang sains. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari satu kelas di SMP Negeri 12 Cilegon, yang terdiri dari 35 siswa. Dengan diberikan perlakuan menggunakan media Augmented Reality Assemblr Edu dalam pembelajaran tentang sistem pencernaan manusia. Data minat belajar dikumpulkan menggunakan kuesioner setelah intervensi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji validitas, uji normalitas, uji regresi liniear sederhana, uji t dan uji koefisien determinasi (R2) untuk membandingkan perbedaan minat belajar antara menggunakan media Augmented Reality Assemblr Edu dengan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Augmented Reality Assemblr Edu memiliki dampak positif yang signifikan pada minat belajar siswa. Kelompok eksperimen yang menggunakan media Augmented Reality Assemblr Edu menunjukkan peningkatan yang lebih besar dalam minat belajar. Temuan ini memberikan bukti bahwa teknologi Augmented Reality dapat meningkatkan minat belajar siswa pada subjek IPA, khususnya dalam konteks sistem pencernaan manusia.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPPG

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian, studi mendalam, pemikiran kreatif, inovatif atau karya-karya dalam pendidikan, pengajaran. Fokus jurnal adalah karya inovatif yang terkait dengan pengembangan media pembelajaran, ...