Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penggunaan media Augmented Reality Assemblr Edu dalam meningkatkan minat belajar IPA pada siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Cilegon, khususnya pada topik sistem pencernaan manusia. Minat belajar yang kuat pada subjek ini dianggap penting untuk meningkatkan pemahaman dan prestasi akademik siswa dalam bidang sains. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari satu kelas di SMP Negeri 12 Cilegon, yang terdiri dari 35 siswa. Dengan diberikan perlakuan menggunakan media Augmented Reality Assemblr Edu dalam pembelajaran tentang sistem pencernaan manusia. Data minat belajar dikumpulkan menggunakan kuesioner setelah intervensi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji validitas, uji normalitas, uji regresi liniear sederhana, uji t dan uji koefisien determinasi (R2) untuk membandingkan perbedaan minat belajar antara menggunakan media Augmented Reality Assemblr Edu dengan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Augmented Reality Assemblr Edu memiliki dampak positif yang signifikan pada minat belajar siswa. Kelompok eksperimen yang menggunakan media Augmented Reality Assemblr Edu menunjukkan peningkatan yang lebih besar dalam minat belajar. Temuan ini memberikan bukti bahwa teknologi Augmented Reality dapat meningkatkan minat belajar siswa pada subjek IPA, khususnya dalam konteks sistem pencernaan manusia.
Copyrights © 2023