Jurnal Dirosah Islamiyah
Vol 6 No 1 (2024): Jurnal Dirosah Islamiyah

Analisis Kesenjangan Sosial di Sekolah: Perspektif Sosiologi Pendidikan Islam (Studi Kasus di SDN Bhayangkara Yogyakarta)

Wahyu Anis Amanullah (Universitas Ahmad Dahlan)
Wantini Wantini (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2023

Abstract

Sosiologi pendidikan memiliki peran krusial dalam mengembangkan sistem pendidikan yang lebih optimal dan efisien. Salah satu hambatan utama dalam sosiologi pendidikan adalah kesenjangan Pendidikan. Sosiologi pendidikan adalah analisis sosiologi yang dimanfaatkan untuk menyelesaikan isu pokok yang dihadapi dalam ranah Pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kesenjangan sosial di sekolah perspektif sosiologi pendidikan Islam. Pendekatan penelitian menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SDN Bhayangkara. Subyek penelitian ini adalah guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan data reduction, data dispay, dan data conclusion verificitaion. Hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa Kesenjangan sosial juga terjadi bukan hanya di kalangan masyarakat, tetapi di lingkungan pendidikan hal ini sering terjadi. SDN Bhayangkara merupakan sekolah negeri yang terletak di tengah perkotaan Kota Yogyakarta. Siswa dengan berbagai macam status sosial, ekonomi, pola pengasuhan orangtua, maupun lingkungan yang berbeda mengakibatkan terjadinya kesenjangan sosial di lingkungan sekolah seperti pada SDN Bhayangkara. Penerapan sosiologi Pendidikan Islam dengan bimbingan konseling, adanya materi akhlak, adanya keteladanan, adanya hukuman, dan kegiatan keagamaan. Melalui penerapan sosiologi pendidikan Islam diharapkan dapat mencegah kesenjangan sosial yang terjadi di sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jdi

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Dirosah Islamiyah is a scientific journal published by the Center for Research and Strategic Studies (PRKS) of the Institute of Islamic Religion (IAI) National Laa Roiba Bogor. This journal contains scientific papers from academics, researchers and practitioners in research on .education, ...