Ekonom : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Vol 3 No 2 (2023): Ekonom: Jurnal Ekonomi dan Bisnis

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH TERHADAP PEMILIHAN PRODUK CICIL EMAS DI PT. BSI CABANG PEMATANG SIANTAR

Milania Endah Ramadhani (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Khairunnisa (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2023

Abstract

Berbagai macam produk diantaranya :Produk Penghimpun Dana, Produk Penyalur Dana, dan Produk Pelayanan Jasa. Tujuan nasabah dalam menggunakan produk bank secara umum diantaranya menabung. Menabung menjadikan nasabah memiliki persiapan untuk masa depan. menabung juga membantu dalam mengumpulkan modal (capital) ketika seseorang akan melakukan suatu usaha sehingga kegiatan ekonomi kita berlangsung dengan produktif, dan tabungan yang di miliki dapat digunakan untuk untuk perputaran modal demi kesejahteraan individu dan keluarga. Perkembangan cicil emas pada Bank Syariah Mandiri terus meningkat sejak diperkenalkan pada tahun 2013, hingga april 2018 menunjukan pertumbuhan bisnis emas hingga 14% year on year (yoy). Produk ini diminati karena dapat menjadi solusi penyediaan uang tunai secara aman, mudah dan murah. Penentuan kriteria, karena berdasarkan masalah yang nyata terjadi dan keinginan untuk memperbaikinya. Kriteria yang sesuai dengan keinginan perusahaan ada 4 kriteria yaitu Lokasi, Promosi, Produk dan Pelayanan yang mana sebelumnya dihasilkan dengan hasil wawancara terhadap pihak perusahaan tersebut. Kemudian nyatanya 4 kriteria tersebut memang diperlukan dalam hal pemilihan mencicil emas sesuai dengan perkembangan saat ini berdasarkan studi literatur dengan bobot tertinggi yang dihasilkan pada kriteria Pelayanan. Kemudian hasil pengolahan data dengan menggunakan Borda dihasilkan alternatif bobot tertinggi yaitu alternatif C.                   ABSTRACT Various kinds of products including: Fund Raising Products, Fund Channeling Products, and Service Products. The purpose of customers in using bank products in general is saving. Saving makes customers ready for the future. Saving also helps in raising capital (capital) when someone is going to do a business so that our economic activities take place productively, and the savings that we have can be used for capital turnover for the welfare of individuals and families. The development of gold installments at Bank Syariah Mandiri has continued to increase since its introduction in 2013, until April 2018 showing gold business growth of up to 14% year on year (yoy). This product is in demand because it can be a solution for providing cash in a safe, easy and inexpensive way. Determination of criteria, because it is based on real problems that occur and the desire to fix them. The criteria in accordance with the wishes of the company there are 4 criteria, namely Location, Promotion, Products and Services which were previously generated with the results of interviews with the company. Then in fact these 4 criteria are indeed needed in terms of selecting gold installments in accordance with current developments based on a literature study with the highest weight generated on the Service criteria. Then the results of data processing using Borda resulted in the highest alternative weight, namely alternative C.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ekonom

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Ekonom : Jurnal Ekonomi dan Bisnis, jurnal ini dikelola oleh Yayasan Amanah Nur Aman dengan mengusung tema dalam bidang ekonomi dan bisnis.Jurnal ini didedikasikan untuk semua praktisi, akademisi, peneliti, dan pemerhati di bidang ekonomi dan bisnis. Jurnal ini terbit tiga kali dalam setahun ...