Education Administration Research
Vol 1, No 01 (2013): HUBUNGAN IKLIM ORGANISASI DENGAN KINERJA PEGAWAI PADA SENTRA PENDIDIKAN BANK R

PENGARUH IKLIM KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA (SURVEY PADA MAHASISWA JURUSAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN FIP UPI)

Arianti, Pita (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2015

Abstract

AbstrakPenelitian ini berjudul “Pengaruh Iklim Kelas Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa (Survey Terhadap Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UPI Bandung) “. Masalah penelitian adalah seberapa besar pengaruh iklim kelas terhadap motivasi belajar mahasiswa di Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UPI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran yang aktual dan jelas mengenai pengaruh iklim kelas terhadap motivasi belajar mahasiswa di Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UPI. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Populasi penelitian berjumlah 206 orang yaitu mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UPI yang terbagi dalam 4 kelas (2010, 2011, 2012, 2013). Pembagian sampel menggunakan teknik Proportionate stratified random sampling sehingga diperoleh sampel sejumlah 67 orang mahasiswa. Hasil perhitungan kecenderungan dengan menggunakan Weighted Mean Scored (WMS), menunjukkan bahwa kondisi iklim kelas pada Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UPI berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 2,8 dan motivasi belajar mahasiswa pun berada pada kategori yang baik dengan skor rata-rata 2,9. Hasil uji normalitas terhadap distribusi data menunjukkan bahwa variabel X dan variabel Y berdistribusi normal. Analisis data selanjutnya menggunakan statistik parametrik. Analisis korelasi menggunakan Pearson Product Moment, diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,549 yaitu menunjukkan bahwa korelasi kedua variabel berada pada tingkat hubungan yang cukup kuat. Dari Tabel Coefficient diperoleh nilai thitung sebesar 5,293 dan nilai ttabel sebesar 3,684. Nilai thitung ˃ ttabel, hal ini menyatakan bahwa iklim kelas berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UPI. Hasil uji koefisien determinasi yaitu bahwa iklim kelas berpengaruh terhadap motivasi belajar Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UPI sebesar 30,01% sedangkan sisanya 69,99% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Adapun hasil analisis regresi diperoleh persamaan Ŷ = 39,502 + 0,549 X, artinya bahwa kondisi iklim kelas yang ada pada mahasiswa jurusan Administrasi Pendidikan FIP UPI akan meningkat 0,549 terhadap motivasi belajar mahasiswa dengan arah perubahan positif. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif antara iklim kelas terhadap motivasi belajar mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UPI. Adapun rekomendasi berdasarkan hasil penelitian, yaitu: Jurusan Administrasi Pendidikan perlu mempertahankan dimensi-dimensi pada iklim kelas yang dirasa telah cukup baik dalam pembentukan iklim kelas yaitu dimensi kekompakan (2,9), dimensi arahan tugas dari dosen (3,0) dan kesetaraan (3,0) dan juga untuk mempertahankan dimensi motivasi belajar yang dirasa telah berada pada posisi yang sangat baik yaitu dimensi optimis.Kata Kunci: iklim kelas, motivasi belajar.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

ear

Publisher

Subject

Education

Description

The EARR has sought to publish research on educational administration conducted across diverse political, economic and socio-cultural contexts. Indeed, publications featured in EARR have both anticipated and traced the evolution of educational administration into a global field of research and ...