Majalah Ilmiah Warta Dharmawangsa
Vol 17, No 4 (2023)

STRATEGI MARKETING MIX DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN KHAS BETAWI PADA TOKO MPOK NINI DI BEKASI

Eko Sugiyanto (Politeknik LP3I Jakarta)
Ria Estiana (Politeknik LP3I Jakarta)
Aji Sukma Pengestu (Politeknik LP3I Jakarta)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti untuk meneliti tentang makanan khas Betawi di daerah Bekasi, karena Bekasi merupakan daerah industri terbesar di Indonesia yang tingkat urbanisasinya selalu mengalami peningkatan pada setiap tahunnya. Tentunya hal tersebut akan menjadi peluang yang menjanjikan bagi pelaku usaha kuliner khas Betawi di Bekasi. Namun pada setiap badan usaha khususnya retail sangatlah penting untuk memperhatikan strategi-strategi pemasaran agar mampu bersaing dan menjadi pilihan para konsumen. Selain strategi pemasaran, dalam hal pelayanan konsumen pun perlu diperhatikan karena usaha retail kerap berhubungan langsung dengan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh stategi marketing mix dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian makanan khas Betawi pada toko Mpok Nini di Bekasi. Populasi dalam penelitian ini tidak diketahui dan teknik pengambilannya menggunakan metode Purposive Sampling dengan kriterianya yaitu konsumen yang sudah belanja di Toko Mpok Nini Bekasi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang ditentukan menggunakan rumus Lemeshow. Hasil Uji Regresi Berganda menunjukan Variabel Marketing Mix (X1) memiliki nilai koefisien 0,164 >0 dengan t hitung sebesar 6,636 > t tabel = 1.98472, signifikansi sebesar 0,000 < level of significance (α=0,05) dan Variabel Kualitas Pelayanan (X2) memiliki nilai koefisien sebesar nilai 0,932> 0 dengan nilai t hitung sebesar 16,323 > t tabel = 1.98472 dengan signifikansi sebesar 0.000 < level of significance (α=0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa Marketing Mix dan Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji T dan Uji F menunjukan bahwa Marketing Mix dan Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun secara simultan. Hasil uji Koefisien Determinasi menunjukan bahwa Marketing Mix dan Kualitas Pelayanan berpengaruh sebesar 80,7% terhadap Keputusan Pembelian makanan khas Betawi pada toko Mpok Nini di Bekasi.Kata Kunci: Marketing Mix; Kualitas Pelayanan; Keputusan pembelian

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

juwarta

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

This journal is a collection of scientific works from the lecturers of the Dharmawangsa university from various fields of science, as a form of published research. hopefully can increase our knowledge together and improve the insight into the world of ...