Mata kuliah Kewirausahaan yang dilaksanakan dengan model pembelajaran berbasis proyek cocok untuk mengajarkan keterampilan praktis dalam pegelolaan bisnis, termasuk aspek pemasaran digital (digital marketing). Dengan mempelajari digital marketing, mahasiswa calon lulusan Pendidikan Kejuruan akan lebih siap menghadapi tantangan dunia kerja di era digitalisasi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Kewirausahaan berbasis proyek digital marketing dan menganalisis kontribusinya terhadap upaya meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam berwirausaha. Penelitian ini dirancang menggunakan metode penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran Kewirausahaan berbasis proyek digital marketing dilaksanakan melalui berbagai aktivitas seperti: (a) perancangan bussines plan dengan jenis usaha yang relevan di bidang kejuruan, (b) pemilihan saluran digital marketing, (c) pembuatan konten, (d) pengunggahan konten ke saluran digital marketing, (e) pelaporan, monitoring dan evaluasi; 2) Saluran digital marketing yang digunakan melalui media sosial antara lain WhatsApp, Facebook, Instagram, YouTube dan TikTok; 3) konten digital marketing berupa chat broadcast, status WhatsApp, postingan penjualan produk, flyer/ poster elektronik dan video berdurasi pendek; 4) terjadi peningkatan kompetensi mahasiswa dalam berwirausaha pada aspek pengetahuan dan keterampilan memasarkan produk secara digital dengan rerata N gain score sebesar 57,64% termasuk dalam kategori cukup efektif. Kata kunci: Digital Marketing, Kompetensi Berwirausaha, Pendidikan Kewirausahaan, Praktik Bisnis, Proyek Kewirausahaan.
Copyrights © 2023