Pandemic covid memiliki dampak pada perekonomian diindonesia salah satunya adalah penurunan interaksi jual beli secara langsung karena pembatasan sosial, hal ini yang menjadi hambatan pedagang pasar dalam meningkatkan hasil penjualanya. Hal tersebut dialami oleh mitra dimana selama pandemic omset penjualan turun dan produk sisa yang belum terkelola dengan maksimal. Fokus pelaksanaan kegiatan PKM ini adalah upaya pengembangan potensi dan daya saing usaha olahan daging ayam di pasar tradisional Buyaraan, Demak. Solusi yang ditawarkan yaitu fasilitasi mesin dan alat penunjang, pelatihan dan workshop diversifikasi produk (pembuatan keripik ceker dan usus), pelatihan dan workshop packaging yang menarik, pelatihan strategi pemasaran dan pemasaran online, pelatihan pembukuan sederhana dan pengelolaan keuangan, serta pelatihan penentuan harga jual produk. Terdapat satu mitra yaitu pedagang ayam di pasar buyaran demak.pelatihan dilakukan pada 3 peserta. akhir program PKM ini adalah terjadi peningkatan daya saing mitra yaitu pada sisi produksi terjadi peningkatan omzet, peningkatan kuantitas dan kualitas produk. Sedangkan pada aspek manajemen usaha terjadi peningkatan pemahaman dan keterampilan mitra dalam administrasi & pembukuan keuangan, penerapan strategi pemasaran, pembuatan variasi produk, pengemasan produk yang lebih menarik, serta perluasan jangkauan pemasaran.
Copyrights © 2023