UMKM Ranayya Kitchen merupakan UMKM yang menjual kue-kue lebaran. UMKM ini sudah berdiri kurang lebih 4 tahun. Sedangkan pendapatan UMKM Ranayya Kitchen semakin menurun setiap tahunnya selama menjalankan usaha ini, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terlebih dahulu strategi pemasaran apa yang telah mereka terapkan dan merumuskan model strategi pemasaran yang cocok untuk UMKM Ranayya Kitchen agar terus meningkatkan usahanya. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah bauran pemasaran 7P (untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran UMKM Ranayya Kitchen), pendekatan Business Model Canvas (BMC) dan analisis SWOT. Ada tiga jenis teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu: Wawancara, observasi dan studi dokumenter. Hasil kajian yang dilakukan melalui analisis SWOT menunjukkan bahwa UKM Ranayya Kitchen berada pada kuadran I yang artinya UKM tersebut berada pada situasi yang cukup menguntungkan. UMKM memiliki kekuatan yang dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang diterapkan di area ini adalah strategi yang mendukung strategi agresif atau S-O, berdasarkan hasil analisis SWOT sebelumnya, bahwa misi UMKM Ranayya Kitchen adalah menjaga kualitas produk untuk terus menarik konsumen,mengoptimalkan promosi melalui social media mendongkrak store brand dengan menawarkan promosi produk atau diskon produk, mempertahankan dan meningkatkan pelayanan kepada konsumen, dll. Sedangkan hasil kajian Business Model Canvas berupa elemen apa saja yang meningkatkan pengalaman setelah mengolah data analisis SWOT Melakukan BMC dapat membantu memvisualisasikan ide atau konsep bisnis untuk diterapkan di Dapur UMKM Ranayya.
Copyrights © 2023