Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 4 No. 6 (2023): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)

Pengaruh Pengetahuan Produk Konsumen, Kepercayaan Dan Presepsi Resiko Terhadap Niat Beli (Studi Kasus Pada Konsumen Tokopedia Di Semarang)

Elsha Champion Febrianta (Universitas Stikubank Semarang)
Robertus Basiya (Universitas Stikubank Semarang)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2023

Abstract

Menguji dampak adanya consumer product knowledge, trust, risk perception, terhadap purchase intention studi kasus pada pembeli ecommerce Tokopedia ialah tujuan atas penelitian ini. Penelitian ini terdapat populasi yakni konsumen yang berpengalaman membeli di ecommerce Tokopedia, Teknik sampling yang dipakai teknik purposive sampling. Metode pengkolektifan data menggunakan kuisioner, jumlah sampel 167 responden. Hasil pengujian hipotesis menampilkan consumer product knowledge dan trust ada pengaruh positif dan signifikan ke purchase intention. Semakin besar pengetahuan produk dan kepercayaan konsumen atas suatu produk, semakin besar niat beli yang akan dilakukan oleh konsumen. Risk perception ada pengaruh negatif dan signifikan atas purchase intention. Semakin rendah Risk Perception pelanggan atas sebuah produk, semakin besar niat beli pelanggan guna membeli produk.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...