Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha
Vol. 13 No. 2 (2023)

PENGEMBANGAN E-LKPD PADA MATERI TEKANAN ZAT CAIR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII DI SMPN 12 MERANGIN

Muhammad Nuruzzaman Asshidiq (Universitas Jambi)
Wilda Syahri (Universitas Jambi)
Risnita (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2023

Abstract

Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan latar belakang kurangnya media pembelajaran berupa E-LKPD di SMPN 12 Merangin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mengembangkan tekanan cairan E-LKPD, bagaimana validitas E-LKPD, dan bagaimana efektivitas tekanan cairan E-LKPD untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Prosedur pengembangan dikemukakan oleh luther-sutopo yang terdiri dari 6 tahapan berikut, desain, pengumpulan bahan, perakitan, pengujian, distribusi, dengan desain penelitian one group pretest-postest design. Sampel penelitian adalah 22 siswa kelas VIII, SMPN 12 Merangin. Instrumen yang digunakan angket, lembar observasi kebutuhan guru dan siswa, serta dokumentasi. Teknik analisis berupa data kualitatif dan data kuantitatif. E-LKPD dapat dikembangkan menggunakan perangkat lunak flip pdf profesional. Hasil respon guru memperoleh nilai rata-rata 4,44 dengan kategori sangat baik dan hasil respon siswa rata-rata 76,05 dengan kategori baik. Hasil validasi ahli materi dan ahli media masing-masing 3,6, kategori Baik dan 4,5, kategori Sangat Baik. Adapun tes (N-Gain) dengan skor 0,679 dimana skor ini berada pada kategori Medium. Lembar kerja peserta didik efektif digunakan untuk pembelajaran di kelas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JJPF

Publisher

Subject

Education Electrical & Electronics Engineering Engineering Materials Science & Nanotechnology Physics Other

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching of physic education ...